Bupati Pasaman Luncurkan Aplikasi e-SAPD

loading...


LUBUK SIKAPING, MJ News - Dalam rangka mewujudkan Pemerintahan berbasis elektronik yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, Pemerintah Kabupaten Pasaman mengadakan Peluncuran yang terkait penggunaan Aplikasi Administrasi Administrasi Perjalanan Dinas (SAPD) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman sebagai instrumen pendukung kegiatan Perjalanan Dinas.

Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis, SH, M.Si dalam sambutannya di hadapan seluruh peserta apel gabungan sebelum melaunching e-SAPD itu mengatakan, aplikasi e-SAPD merupakan implementasi dan wujud rencana kerja dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

SPBE ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, Efektif, Trasparan, dan Akuntabel serta Pelayanan Publik yang berkualitas dan terpercaya.

Peluncuran e-SAPD ini disaksikan secara langsung oleh Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama, ST, Sekretaris Daerah Drs. H. Mara Ondak, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala-kepala OPD, Kabag, Kabid, Kasi, dan juga staf di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pasaman, dan juga Camat se-Kabupaten Pasaman, di Pelataran Kantor Bupati Pasaman, Senin (03/ 02/2020).

Selanjutnya Bupati H. Yusuf Lubis mengatakan, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maka cara kerja, cara belajar, cara berbagi informasi sudah berubah. Kita bekerja dimana saja tidak mengenal waktu dan tempat untuk mengabdi sebagai pelayan masyarakat.

Seorang kepala dinas dapat melakukan persetujuan / disposisi surat perintah, surat perintah perjalanan dinas.

"Untuk menjawab kebutuhan tersebut, maka Aplikasi e-SAPD atau sistem administrasi perjalanan dinas secara elektronik adalah jawaban dari respons tersebut," paparnya

Penyerapan Aplikasi e-SAPD ini memulai proses administrasi dalam pengajuan SPT, SPPD, dapat dilakukan dengan cepat, tidak berbelit-belit, tidak harus mencari-cari pejabat yang diperlukan dan dapat menemukan kontak dari telaah staf yang dicari secara online.

Dengan Aplikasi SAPD ini, kita dapat memangkas jarak dan waktu serta melakukan penghematan anggaran saat menggunakan alat kantor.

Bupati H. Yusuf Lubis dalam kesempatan itu juga mengajukan harapannya kepada seluruh ASN, mulai hari ini agar dapat menggunakan Aplikasi e-SAPD di SKPD masing-masing. Jika ada yang kurang mengerti tentang penggunaannya, berkoordinasi langsung dengan Dinas Kominfo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pasaman Williyam Hutabarat, S.Kom juga membahas, Aplikasi SAPD ini merupakan hasil evaluasi penggunaan Aplikasi e-SPPD lama yang tidak sesuai dengan Peraturan Bupati Pasaman tentang perjalanan Dinas, dan Aplikasi SAPD Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman.

Sampai saat ini, mulai dari disosialisasikannya Aplikasi SAPD pada bulan Januari 2020, bahwa Aplikasi SAPD ini telah digunakan oleh semua Pejabat Struktur Eselon IV hingga Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

Aplikasi ini telah menyelesaikan perjalanan Dinas lebih dari 866 kali perjalanan dinas dengan 715 perjalanan dinas yang disetujui dan 76 perjalanan dinas ditolak atau ditangguhkan, Bapak Sekretaris Daerah dapat mengalihkan perjalanan dinas secara online.

Selanjutnya Kepala Diskominfo Pasaman Williyam Hutabarat, S.Kom lebih memaparkan, Aplikasi SAPD ini akan memerlukan semua jenis perjalanan dinas baik di kabupaten, di dalam provinsi, juga di provinsi sesuai dengan Peraturan Bupati Pasaman Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Perjalanan Dinas Bagi Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Pegawai Negeri Sipil, dan Pihak Lain di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

Di akhir sambutannya dengan membacakan Basmallah Bupati H. Yusuf Lubis, secara langsung meresmikan penggunaan Aplikasi e-SAPD dilingkungan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dan membahas tepuk tangan yang meriah dari para peserta apel pagi itu. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama