Momentum HUT ke-45 PDAM Padang


Suguhkan Terobosan Kawasan Air Siap Minum
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah salam komando dengan Dirut PDAM Padang, Hendra Pebrizal
pada momentum HUT PDAM Padang ke-45.

PADANG, MJ News. Memasuki usia ke-45 tahun, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang membuat sebuah terobosan dengan menyalurkan air siap minum. Terobosan itu menjadi menjadi bukti PDAM mampu menjawab tantangan.

Pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke 45, PDAM Padang meresmikan jaringan air minum yang dialirkan untuk 200 unit rumah di Komplek Jala Utama1 Balai Gadang, Senin (30/12/2019).

Peresmian tersebut diawali dengan upacara bendera di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Taban, Balai Gadang, Koto Tangah. Dilanjutkan dengan pelepasan balon dan penggun­tingan pita oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansha­rullah.

Wako Padang Mahyeldi Ansharulah resmikan jaringan air siap minum di Komplek Jala Utama, Lubuk Minturun Padang.
Mahyeldi mengatakan, secara bertahap tantangan untuk menyediakan air bersih dan air siap minum sudah mampu dijawab PDAM Kota Padang. Ke depan progres jangkauan pelayanan harus diperluas untuk memberikan kepuasan masyarakat. Ini juga guna mewujudkan Kota Padang sebagai kota internasional.

“Perluasan jangkauan pelayanan PDAM untuk air siap minum ke depan ha­rus diperluas. Untuk itu, diperlukan jaringan baru yang layak pengganti jaringan lama yang sudah berusia tua dan tidak layak dan banyak terjadi kebocoran,” kata Mahyeldi.

Menurutnya, pembaruan jaringan pipa PDAM Kota Padang yang mencapai panjang 2200 KM mem­butuhkan biaya Rp1 triliun. Untuk anggaran sebesar itu dibutuhkan dukungan investasi.

“Kita butuh dukungan investasi untuk pembaruan jaringan. Investasi itu bisa melalui kemitraan perbankan dan kerjasama,” ujar Mahyeldi.

Selain itu, lanjut Mah­yeldi, dengan mengalirnya air siap minum ke perumahan dan perkantoran nan­tinya akan berdampak terhadap pengurangan sampah botol plastik.

“Nantinya bila sudah efektif aliran siap minum ke semua kawasan, praktis akan mengurangi penggunaan botol plastik,” imbuhnya.

Direktur Utama PDAM Padang, Hendra Pebrizal menyebut, pelayanan air siap minum sudah dilaunc­hing di beberapa tempat. Pertama di RSUP M. Dja­mil, RSUD Dr. Rasyidin dan Balaikota Padang serta hari ini di Komplek Jala Utama.

“Ini pelayanan pertama untuk air siap minum di perumahan. Ke depan akan dipersiapkan jaringan untuk melayani lebih luas lagi,” ujarnya.

Tahun ini, kata Hendra Pebrizal, PDAM membangun pengolahan air siap minum dengan kapasitas 100 liter per detik. “Dengan demikian kita akan bisa melayani 10 ribu pelanggan. Beberapa komplek lagi setelah Komplek Jala Utama ini akan bisa dialiri,” sebutnya.

Pada acara peringatan HUT ke-45 PDAM Padang ini dihadiri Sekda Kota Padang Amasrul yang juga merangkap Dewan Pengawas dan anggota DPRD Helmi Moesim serta, se­jumlah pejabat struktural Pemko Padang, rekanan dan seluruh jajaran kar­yawan PDAM. (*)

Wako Padang Mahyeldi Ansharulah dan Dirut PDAM Padang, Hendra Pebrizal Mencabut undian bagi pelanggan.
Walikota Padang Mahyeldi Ansharulah menyerahkan hadiah pemenang undian pelanggan PDAM dalam rangka HUT PDAM Padang ke- 45.

Direktur Utama PDAM Padang, Hendra Pebrizal menunjukan meteran air siap minum yang menjadi salah satu terobosan PDAM Padang di tahun 2019.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah terbangkan balon dalam rangka HUT PDAM Padang ke- 45.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharulah bersama Dirut PDAM Padang Hendra Pebrizal mencoba air siap minum di komplek Jala Utama, Lubuk Minturun.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama