PT Semen Padang Tingkatkan Budaya K3



PADANG, MJ News. PT Semen Padang (PT SP) baru saja usai memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang. Bagi PT SP peringatan tersebut dapat memberikan pemahaman, peningkatkan kepedulian dan menyampaikan informasi K3, mutu dan inovasi kepada seluruh karyawan dan anak perusahaan.

Fakta mencatat bahwa pemasyarakatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) melalui Bulan Mutu K3, telah menjadi tradisi di PT Semen Padang (PT SP) sejak tahun 1984 hingga saat ini. Pada awalnya kegiatan ini disebut dengan istilah Bulan Kampanye Nasional K3, dimana prakarsa dan peran aktif dilakukan oleh pemerintah.

Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri menyebutkan, kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran partisipasi dan tanggungjawab semua pihak dalam pelaksanaan K3, sehingga tercipta perubahan sikap dan perilaku K3 menjadi budaya di tempat kerja dan masyarakat pada umumnya.

“Kondisi budaya K3 yang kita inginkan adalah K3 menjadi suatu nilai yang tumbuh dan berkembang, diyakini dan dilaksanakan oleh setiap individu maupun kelompok masyarakat. Pembudayaan K3 perlu dikembangkan secara terus menerus, karena K3 mempunyai korelasi erat dengan upaya peningkatan mutu kerja dan produktivitas nasional,” jelas Yosviandri.

Yosviandri mengatakan, momentum ini harus dimanfaatkan dengan sebaik–baiknya oleh seluruh insan perusahaan untuk terus melakukan optimalisasi dan optimasi pada seluruh sumber daya yang dipunya untuk menciptakan sistem–sistem dalam pekerjaan yang dapat mendukung implementasi K3 di unit kerja.

Sementara itu, Direktur Operasi PT Semen Padang Firdaus dalam amanatnya sebagai pembina upacara pembukaan Bulan 3 Nasional & Bulan Mutu PT Semen Padang tahun 2020, di Plaza Kantor Pusat Semen Padang, Senin 13 Januari 2020, mengingatkan agar budaya keselamatan dan kesehatan kerja terus tertanam pada insan PT Semen Padang dan seluruh stakeholder.

"Filosofi dasar K3 adalah menjamin keutuhan dan kesempurnaan melalui perlindungan atas keselamatan dan kesehatan para pekerja dalam menjalankan pekerjaannya.

Untuk mewujudkan filosofi K3 tersebut, lanjutnya, tentu harus dilakukan melalui upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerja.

Apabila semua potensi bahaya telah dikendalikan dan memenuhi batas standar aman, maka akan memberikan kontribusi terciptanya kondisi lingkungan kerja yang aman, sehat dan proses produksi menjadi lancar yang pada akhirnya, akan dapat menekan risiko kerugian dan berdampak terhadap peningkatan produktivitas,” katanya.

Oleh karena itu kata dia, upaya K3 harus terus menerus ditingkatkan melalui berbagai pendekatan, baik secara teknis dan kesisteman, terutama di era industri 4.0 ini. Hal ini dilakukan, agar seluruh kegiatan untuk memastikan proses bisnis berjalan sesuai kaidah K3 dapat berjalan dengan lebih efektif, cepat, dan efisien, serta lebih memudahkan Perusahaan dalam melihat indikator–indikator keselamatan tersebut.

GELAR BERBAGAI KEGIATAN
Selain upacara dan berbagai kegiatan simulasi, PT Semen Padang dalam memperingati moment Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu menggelar berbagai kegiatan, diantaranya pemilihan tim K3LH teladan dan tempat kerja teladan bebasis 5P, HSE Challenge, mining rescue, penanaman pohon, lomba kearsipan, talk show, dan seminar K3.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang Hendri Priparis mengatakan, dalam berbagai kegiatan tersebut, PT Semen Padang bekerjasama dengan Dinas ESDM Provinsi Sumbar dan Persatuan Keahlian Tambang Sumbar.

Seperti kegiatan HSE challenge akan digelar pada awal Februari mendatang. Dinas ESDM akan mengundang seluruh perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Sumbar untuk dapat mengikuti HSE challenge yang digelar Semen Padang.

"Perusahaan pemegang IUP itu diundang oleh Dinas ESDM ke Semen Padang, karena kita sebagai pilot project untuk Mining Rescue Team diminta oleh ESDM untuk menumbuhkan semangat agar seluruh pemegang IUP yang ada di Sumbar dapat menjadikan Semen Padang sebagai contoh," katanya.

Upacara pembukaan Bulan 3 Nasional & Bulan Mutu PT Semen Padang Tahun 2020 diisi dengan berbagai kegiatan simulasi, di antaranya, aktivitas pemadaman api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh ibu-ibu dari Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIKSP).

Selanjutnya simulasi pemadaman kebakaran kantor pusat oleh Tim Damkar Semen Padang serta evakuasi korban dari ketinggian Kantor Pusat oleh Mining Rescue Team (MRT) Tambang Semen Padang. Kegiatan simulasi itu melibatkan Tim Reaksi Cepat Semen Padang, Tim Damkar Semen Padang dan tim medis dari Semen Padang Hospital. (Humas)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama