Sumut Bangun Sport Center Termegah di Asia Tenggara

Stadion GBK semarak dengan kembang api. (INASGOC)

MEDAN, MJ. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) bertekad menyiapkan lahan venue terbaik dan layak setelah dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Tak hanya itu, atlet terbaik dan andal juga akan disiapkan menghadapi pesta olahraga nasional tersebut.

Sumut bersama Aceh terpilih sebagai tuan rumah PON 2024 dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI Pusat di Jakarta, tahun lalu. Sumut-Aceh mendapat 24 suara, menyisihkan Bali-Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan.

Ketua KONI Sumat
era Utara, Jhon Ismadi Lubis saat menjamu Aliansi Jurnalis Olahraga (AJO) Sumbar di kantornya di awal 2020 mengatakan,untuk langkah awal, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dispora Sumut bagaimana langkah awal untuk pembangunan Sport center yang akan dibangun di kawasan Kualanamu Deli Serdang. 

"Pemerintah sudah menyiapkan lahan di kawasan Kualanamu, disana akan dibangun Sport Center yang akan menelan biaya sebanyak 6 Triliun dengan luas kurang lebih 3 hektare lahan untuk pembangunan Sport Center," ujar Jhon Ismadi Lubis. 

"Selain Sport Center yang akan dibangun, kita juga telah membangun fasilitas olahraga lainya. Pokoknya untuk venues kita sudah siap, apalagi kita berbagi penyelenggara iven olahraga empat tahunan ini dengan Provinsi Aceh," tambahnya. 

Dia menambahkan, nanti akan ada peninjauan ke Jawa Barat (Jabar) dan Papua untuk dijadikan referensi persiapan PON. "Kami akan lihat dan belajar dari Provinsi yang pernah melakukan PON seperti Jabar dan Papua," ujarnya.

Sedangkan untuk peningkatan kualitas atlet, Jhon Ismadi menginginkan ada pelatihan berkesinambungan hingga menjadi atlet siap pakai.

Dalam peningkatan kualitas atlet, tetap akan adanya seleksi melalui Pekan Olahraga Wilayah (Porwil). Diakuinya, olahraga di Sumut ini memang harus mendapat dukungan materi yang lebih dari cukup.

"Kalau anggarannya besar, kami bisa kirim atletnya atau bayar pelatih dari luar negeri. Demi kemajuan dan prestasi Sumut nantinya sebagai tuan rumah," tegasnya. (*/naldi)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama