Masjid Alhuda Lapau Kunsi Sedang Direnovasi


Lubuk Basung, MJ News - Masjid Alhuda di Lapau Kunsi, Nagari Persiapan Surabayo, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, termasuk salah satu rumah ibadah tertua di Kabupaten Agam. Masjid ini dibangun tahun 1861.

Masjid yang sesusianya sudah banyak yang direnovasi. Masjid direncanakan diperluas menjadi 12 x 22 meter persegi, sesuai dengan perkembangan penduduk saat ini. Apalagi masjid itu dekat dengan perumahan. Bangunan mas-jid direncanakan bertingkat. Selain itu juga ditambah teras 1,5 x 1,5 meter persegi kiri kanan.

Pj Wali Nagari Persiapan Surabayo, Indranova pada Kamis (19/3/2020) menjelaskan, kegiatan pembangunan saat ini sudah dilakukan pengecoran lantai dua dengan ukuran 15 x 12 meter persegi. Kalau tidak ada aral melintang, selesai lebaran direncanakan pekerjaan pembangunan dilanjutkan.

Tapi, yang namanya masjid tidak memiliki anggaran tertentu, pembiayaan pembangunan tergantung uluran tangan donatur, infak, karena itu panitia pembangunan berharap uluran tangan dari semua pihak, baik masyarakat sekitarnya, perantau maupun pihak lainnya.

Masjid, yang lebih dikenal dengan Masjid Jawi-Jawi ini, diakui tidak kelihatan dari jalan utama Kota Lubuk Basung Simpang Gudang-Maninjau di Lapau Kunsi, terletak pada ruas jalan Lapau Kunsi ke Perumahan Bukit Bunia, jelang Sekolah Dasar (SD) Negeri 40 Surabayo.

Dari simpang Lapau Kunsi menuju SD Negeri 40 Surabayo lebih kurang ada sekitar 500 meter, meski jalan untuk menuju kesana masih kecil, tapi jalan menuju ke sana sudah bagus, sudah diaspal hotmix oleh Pemda Kabupaten Agam.

Untuk pembiayaan kelanjutan pembangunan masjid ini, setiap hari panitia mengumpulkan dan menerma infak dipinggir jalan utama Kota Lubuk Basung di Simpang Lapau Kunsi.

"Bagi yang punya niat untuk menyalurkan infak, boleh titipkan saja pada panitia pengumpul infak di pinggir jalan di Simpang Lapau Kunsi itu," jelas Indranova. (*/eds)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama