Penyelundupan Satu Kg Sabu Digagalkan Polres Pasaman

loading...


PASAMAN, MJ News - Polisi berhasil menggagalkan penyelundupan sekitar satu kilogram sabu. Dua warga Aceh berinisial SH (27) RZ (19) dibekuk polisi di Nagari Tarung-Tarung, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Rabu (18/3/2020) sore.

“SH (27) dan RZ (19) ini diamankan atas kepemilikan sabu sebanyak satu kilogram,” kata Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya, Kamis (19/3/2020).

Sabu berkualitas super tersebut dibawa menggunakan mobil Daihatsu Terios warna hitam metalic dengan nomor polisi BK 1484 PI. Barang haram itu disimpan pelaku dalam bungkusan plastik di dalam plang bemper mobil bagian depan.

“Keduanya warga Aceh, Dusun Tengku Diteuming dan Dusun Tengkusyik, Kelurahan BIE, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara ini membawa sabu dari sana. Rencananya bakal diedarkan di sejumlah daerah di Sumbar,” kata AKBP Hendri Yahya.

Ia mengatakan, penangkapan kali ini merupakan penindakan yang terbesar dalam kasus Narkotika jenis Sabu -sabu di daerah setempat.

Dijelaskan, penangkapan itu berawal dari informasi yang dikumpulkan oleh Satuan Resnarkoba Polres Pasaman, akan ada pengiriman narkoba jenis sabu dari daerah Sumatera Utara ke Sumbar.

Kemudian dilakukan pengintaian selama tiga hari berturut-berturut. Pengintaian itu dipimpin langsung oleh Kapolres dan Kasat Resnarkoba Polres Pasaman Iptu Syafri Munir bersama personel.

“Saat kita lakukan penangkapan, kedua pelaku mengaku bahwa bungkusan yang ditemukan di dalam mobil yang dikendarai mereka adalah narkotika jenis sabu yang dibawa dari Kota Medan, Provinsi Sumut,” papar AKBP Hendri Yahya.

Saat ini, kedua pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mako Polres Pasaman guna dilakukan proses hukum lebih lanjut. Akibat perbuatan mereka, terancam melanggar pasal 114, 115, dan 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika dengan ancaman penjara maksimal seumur hidup.

“Kini, kami masih melakukan pengembangan terhadap kedua pelaku. Nanti dikabari lagi setelah ada hasilnya,” tambah Kasat Narkoba, Iptu Syafri Munir. (*/eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama