Semen Padang Hospital Siap Jadi Rumah Sakit Rujukan Pasien Virus Corona

loading...


Padang, MJ News - Semen Padang Hospital (SPH) siap menjadi rumah sakit rujukan pasien virus corona di Sumatera Barat (Sumbar), bila pemerintah daerah membutuhkannya.

Hal itu terungkap usai penyerahan 75 dus masker dari anggota DPR RI, Andre Rosiade ke Direktur SPH, Dr.Farhaan Abdullah di rumah sakit tersebut, Sabtu (21/3/2020).

Disebutkan Farhan Abdullah, SPH telah menyiapkan 22 tempat tidur khusus untuk menjadi rumah sakit rujukan pasien virus corona. Tak hanya itu, berbagai persyaratan untuk rumah sakit rujukan pun sudah disiapkan.

SPH juga telah membuat distance social (jarak sosial) di bangku tunggu dengan dibuat garis line. Dengan demikian, antara satu orang dengan orang lain memiliki jarak satu meter yang menjadi pemutus penyebaran virus corona.

Dikatakan Farhaan, bantuan masker tersebut akan dipergunakan oleh pihak SPH untuk tenaga medis di SPH dalam menjalankan tugasnya. Sebab, untuk mendapatkan masker saat ini cukup sulit karena keterbatasan jumlahnya.

Pada tempat yang sama, Andre Rosiade mengatakan, bila pemerintah daerah Sumbar membutuhkan tambahan rumah sakit rujukan pasien virus corona maka SPH siap untuk direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar ke pemerintah pusat.

“Semuanya itu kita serahkan ke pemerintah provinsi Sumbar bila membutuhkan tambahan rumah sakit rujukan. Sebelumnya, Rumah Sakit Unand sudah direkomendasikan dan tengah disiapkan suratnya ke Kementerian Kesehatan,” ujar Andre.

Dijelaskan Andre, saat ini memang Indonesia kekurangan masker. Sekitar akhir Maret, 5 juta masker buatan dalam negeri pun selesai dan siap dibagikan ke masyarakat.

Menurutnya, saat ini tak ada lagi saling menyalahkan namun bersatu saling dukung mendukung menangani wabah virus corona ini. Semua langkah diambil oleh pemerintah untuk menanggani virus corona tersebut.

Selanjutnya, persoalan Fatwa MUI dianjurkan tak shalat berjemaah di masjid sudah melalui kajian yang mendalam dan memiliki dasar hukum yang jelas.

Ditambahkan Andre, dengan masker yang diberikan ini bisa membantu petugas medis dan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona di Padang ini khususnya kendati belum ada warga yang positif corona.

Siapkan Ruang Isolasi

Hingga saat ini pihak Semen Padang Hospital sudah menyiapkan ruang isolasi untuk menangani kasus Virus Corona.

Ruang isolasi tersebut dilengkapi dengan fasilitas dan petugas kesehatan khusus.

Direktur SPH Farhaan Abdullah mengatakan ruang isolasi tersebut berada di lantai empat rumah sakit.

Ruang isolasi disiapkan karena pihaknya memprediksi wabah virus corona akan berkembang hebat.

"SPH akan segera mempersiapkan diri menghadapi wabah ini ke depan. Caranya mempersiapkan ruangan untuk Pasien dalam Pengawasan," kata Farhaan Abdullah, Sabtu (21/3/2020).

Dia menjelaskan, tempat tidur yang disiapkan secara bertahap ada 22 tempat tidur.

Meski sudah mempunyai ruangan isolasi, Farhaan Abdullah mengatakan rumah sakitnya belum bisa menjadi RS rujukan.

Menurut dia, RS rujukan itu harus mempunyai ruangan bertekanan negatif, setelah itu harus punya ventilator.

"Kita akan meminta bantuan ke Pemda untuk menyediakan ventilator. Kita punya empat ventilator, tapi jika wabah ini terus berkembang, kita butuh banyak ventilator," jelas Farhaan Abdullah.

Proses untuk menjadi RS rujukan, kata Farhaan Abdullah, tergantung penunjukan dari Dinas Kesehatan Provinsi. (rel)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama