Siaga Covid-19, Nagari Duo Koto Bentuk Posko Relawan


mjnews.id - Sebagai upaya membantu warga dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid 19), Pemerintahan Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) membentuk Posko Tim Relawan Covid-19 Nagari Duo Koto yang buka 24 Jam.

Menurut Walinagari Duo Koto, Joni Safri, S.Pd, tugas dan fungsi tim relawan salah satunya memantau pergerakan masyarakat yang melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat melibatkan orang banyak, disamping itu juga Tim Relawan akan memantau tamu atau perantau yang datang di saat malam hari.

“Sesuai himbauan Pemerintah Provinsi agar lebih selektif menerima tamu dan perantau yang sudah terlanjur pulang dengan mewajibkan para perantau untuk melapor dan isolasi diri dirumah selama 14 hari. Mohon pengertian dan kerjasamanya,” tegas Joni Safri, Selasa (31/3/2020).


Untuk saat ini, lanjut dia, jumlah data COVID-19 di Sumbar yang positif berjumlah 11 Pasien.

“Sekali lagi mari kita tingkatkan kewaspadaan dengan menjaga kesehatan tubuh dan pola hidup sehat serta mengurangi aktivitas di luar,” imbaunya.

Bagi masyarakat yang berniat berkunjung atau bepergian dan pulang dari daerah pandemi di Sumbar seperti Padang, Bukittinggi, Tanah Datar, Pariaman dan sebagainya, walinagari muda ini menyarankan agar mengurungkan/menunda niatnya dan juga yang pulang dari wilayah tersebut agar isolasi mandiri dirumah selama 14 hari terlebih dahulu.

Joni Safri juga meminta masyarakat jangan percaya dengan berita-berita yang menyesatkan.

“Masyarakat kita terlalu mudah mengkonsumsi berita-berita hoax dan menyebarkannya. Ingat, kalau seandainya kita tidak tahu, alangkah baiknya menunggu kepastian berita tersebut dengan diam tanpa menambah-nambahkan berita tersebut,” tegasnya.


Sementara itu, menurut data yang bersumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Selasa, 31 Maret 2020, Jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) Per daerah yang disusun sesuai angka terbanyak kasus ODPnya yakni : Kabupaten Agam 414 orang, Kabupaten Tanah Datar 187, Kabupaten Limapuluh Kota 144, Kabupaten Pesisir Selatan 142, Kota Payakumbuh 105 dan Kota Padang 93 orang.

Berikutnya, Kota Bukittinggi 76 orang, Pariaman 69, Padang Panjang 52, Solok 49 dan Kota Sawahlunto 41/ Selanjutnya Kabupaten Sijunjung 75, Pasaman 68, Solok 65, Pasaman Barat 62, Dharmasraya 61, Solok Selatan 36, Padang Pariaman 33 dan Kabupaten Mentawai 10 orang.

Jumlah Total ODP : 2.168 orang dengan PDP : 51 orang dan hasil positif : 11 orang dan meninggal 1 orang. (Wb2Kt)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama