Kondisi PDP Corona Asal Kabupaten Pasaman Terus Membaik

loading...

Kondisi PDP Corona Asal Kabupaten Pasaman Terus Membaik
Ilustrasi.

mjnews.id - Kondisi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang positif terserang Covid-19 asal Kecamatan Simpang Alahan Mati, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat terus membaik. Pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 43 tahun ini, kini masih tetap dirawat di RSAM Bukittinggi.

"Iya, kabarnya terus membaik. Kita selalu update dengan tim kesehatan di sana (RSAM Bukittinggi-Red)," kata Koordinator Informasi Publik Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasaman, W. Hutabarat, Sabtu (11/4/2020).

Dijelaskannya, hasil penelusuran di lapangan, ada 38 orang lebih masyarakat yang bersentuhan atau berkomunikasi dengan pasien ini. Semua sudah dilakukan penanganan, termasuk menjalani rapid test.

"Dari 38 itu, hasilnya negatif, kecuali satu orang. Dukun kampung yang pernah mengobati pasien secara tradisional, hasil rapid testnya positif. Kini mereka, kami masukan dalam daftar orang tanpa gejala. Mereka sehat, namun kami khawatirkan terpapar virus. Ini baru sebatas rapid test, hasil pastinya masih menunggu hasil labor Universitas Andalas (Unand) Padang," kata W. Hutabarat.

Disampaikannya, pasien positif Corona asal Pasaman ini, baru pulang dari Malaysia pada 17 Maret lalu. Ia sakit dan dirawat sejak 1 April lalu.

Di sisi lain, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di Pasaman turun. Hingga Minggu (12/4) pagi, ODP di website corona.pasamankab.go.id tercatat mencapai 35 orang. Meski ODP turun, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah.

"PDP tambahan ini pastinya sakit, namun belum tentu positif. Hasil tes labor di Unand Padang, belum keluar," kata W. Hutabarat lagi.

Sedangkan notifikasi Orang Tanpa Gejala (OTG) di Pasaman sebanyak 38 orang. OTG ini merupakan warga yang dikhawatirkan terpapar oleh pasien positif virus Corona asal Kecamatan Simpang Alahan Mati. (*/eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama