TMMD di Pasaman Barat, 4,2 Km Jalan Dibangun Buka Isolasi Tiga Jorong

loading...

Anggota TNI bergotong-royong membangun jalan yang membuka akses tiga kejorongan di Kecamatan Ranah Batahan dalam rangka Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD 2020. (ist)

mjnews.id - Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) 107 Tahun 2020 di Kabupaten Pasaman Barat, sukses terlaksana. Jalan dibangun, tiga jorong pun terbebas dari keterisolasian.

Betapa tidak, sepanjang 4,2 kilometer jalan di Jorong Paraman Sawah, Jorong Sawah Mudik, dan Jorong Sigantang, Kecamatan Ranah Batahan, dibangun sampai pengerasan. TNI melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 0305 Pasaman juga merampungkan pembangunan 50 jamban untuk warga.

Hadirnya jalan baru dibangun TNI ini, membebaskan dua kampung dari keterisoliran. Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit yang hadir saat penutupan TMMD di kantor bupati Pasbar memberikan apresiasi kepada jajaran Kodim 0305 Pasaman, sebagai stakeholder pengerjaan jalan tersebut.

“Di tengah musibah Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh belahan dunia, TNI kita masih selalu siap dan menuntaskan TMMD di Pasaman Barat tahun 2020. Ini sangat kami apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Rabu (15/4/2020).

Ia menyebutkan, dengan adanya peningkatan jalan itu maka akan memperlancar mobilitasi masyarakat di Kecamatan Ranah Batahan. Dan dengan selesainya jalan itu maka akses transportasi yang sebelumnya belum bisa ditempuh saat ini sudah bisa dilalui.

“Ini dasar bagi Pemkab Pasaman Barat untuk melanjutkan menjadi aspal. Sebab, saat ini baru pengerasan jalan,” lanjutnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0305 Pasaman, Letkol Inf. Ahmad Aziz mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 4,2 kilometer.

Dia berharap selesainya pembangunan jalan berupa peningkatan jalan itu diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka memperlancar akses transportasi warga.

“Bagusnya jalan tentu akan memperlancar perputaran roda ekonomi masyarakat sehingga berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan mereka,” katanya.

Kemudian, dengan adanya jamban juga yang dibangun tersebar di daerah itu akan meningkatkan sanitasi lingkungan untuk mendukung gerakan masyarakat dan mengurangi angka stunting di Pasaman Barat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung dalam menyukseskan kegiatan TMMD ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Ia menjelaskan, peningkatan jalan itu dilakukan untuk membuka akses jalan saat ini sangat sempit dan tidak layak untuk ditempuh.

“Dasar jalan itu sudah ada namun sudah sempit dan terputus. Jalan itulah yang kita gotongroyongkan bersama masyarakat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan itu juga melibatkan masyarakat yang ada di sekitarnya dan bersama-sama bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak.

Sementara itu Bupati Pasbar, Yulianto mengatakan, TMMD 107 ini berjalan cukup baik walau dalam kondisi di tengah Covid-19. Ditambah lagi ikut berperan aktifnya personel TNI pada kegiatan arahan dan sosialisasi serta mengedukasi pencegahan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19.

“Kami masyarakat Pasaman Barat dan khususnya warga Nagari Batahan mengucapkan terimakasih kepada TNI melalui TMMD telah dibangunkan jalan. Dari pembangunan itu telah membuka akses tiga jorong di nagari Batahan yaitu Jorong Parman Sawah, Jorong Sawah Mudik dan Jorong Sigantang dengan jumlah penduduk 1.503 jiwa dengan 399 KK,” terang Yulianto. (dika)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama