Padang Tuan Rumah Rakernas Apeksi

loading...






Liputankini.com-Walikota Mahyeldi Ansharullah dan Wakil Walikota Padang, Hendri Septa menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021 di pelataran hutan kota Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/2/2021). 



Munas VI Apeksi tersebut dibuka Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Negara, Jakarta. 


Presiden menyampaikan empat hal. Pertama, mengingatkan kepada semua walikota dan wakil walikota seluruh Indonesia, pandemi Covid-19 belum berakhir. Presiden mendorong para kepala daerah untuk membuat langkah-langka baru dalam penanganan pandemi Covid-19. 


"Perlu saya tekankan, pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita harus tetap bekerja keras. Kepada kepala daerah buat langkah-langkah extra-ordinary yang mendesak. Yang terpenting saat ini disiplin 3M, mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker," tegas Presiden.  


Pemerintah pusat sedang berupaya keras untuk memperoleh tambahan vaksin dari berbagai sumber. Berdasarkan komitmen dengan berbagai konsumen pemerintah mendapatkan tambahan 426 juta vaksin.

"Vaksin ini produsennya tidak banyak dan diperebutkan 215 negara. Sekarang ini yang baru bisa berjalan vaksinasinya kira-kira 42 negara. Vaksinasi harus tepat sasaran. Pemerintah kota harus mempersiapkan betul vaksinator dan management vaksinasi dilapangan sehingga bisa tercapai herd immunity," imbuhnya. 


Presiden meminta para walikota dan wakil walikota memperbanyak program padat karya, dan kelima, pemberian bantuan sosial bagi masyarakat lapisan bawah terdampak pandemi Covid-19. "Empat hal ini merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus kita kerjakan bersama-sama antara pemerintah pusat dan daerah," kata kepala  negara.


Ketua Umum Apeksi Airin Rachmi Diany menyampaikan, pelaksanaan Munas VI Apeksi yang beranggotakan 98 pemerintah kota se-Indonesia ini telah mengalami penundaan dari jadwal sebelumnya. Pada Juni 2020 di Tangerang Selatan akibat adanya pandemi Covid-19. 


"Munas harus tetap dilaksanakan karena disamping merupakan amanah AD/ART Apeksi juga karena berakhirnya masa bakti pengurus periode 2016 sampai dengan 2020 dan selesainya masa jabatan beberapa wali kota yang menjadi pengurus pada Februari 2021 ini," kata Airin. 


Mahyeldi mengatakan, Apeksi ini diharapkan sebagai sarana berkomunikasi antar kota dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi pemerintah dalam upaya melaksanakan program pembangunan daerah. 


Mahyeldi juga menyampaikan, Padang terpilih menjadi tuan rumah rapat kerja nasional ke-15 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada 2022.


"Pemko akan melakukan persiapan serta berkonsolidasi dengan pihak internal dan eksternal. Selain itu, ia akan menyiapkan warga untuk berkontribusi dalam menyambut tamu yang datang. Kita akan berikan pelayanan kepada tamu-tamu untuk mencicipi keunggulan daerah, baik itu kuliner, wisata, dan hal penting lainnya,” pungkas walikota yang dikutip laman facebook Humas Pemko Padang. (ed)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama