Terkait Pemekaran, 59 Nagari Diberi Rekomendasi


 Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi berikan keterangan pers terkait pemekaran nagari.



LIPUTANKINI.COM
-Terkait pemekaran, sebanyak 59 nagari persiapan diberikan  rekomendasi oleh tim penataan desa tingkat pusat karena memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan Kementerian Dalam Negeri.


Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyampaikan hasil klarifikasi tim penataan desa tingkat pusat yang dilaksanakan pada 24-26 Maret di Jakarta oleh Kemendagri terhadap usulan  71 nagari persiapan, Senin (29/3/2021) dalam jumpa pers.


Hamsuardi menjelaskan, terhadap 12 nagari persiapan yang belum memenuhi persyaratan yang berada kecamatan Talamau, Pasaman dan Kinali.


"Sebanyak tiga nagari persiapan, Padang Canduh, Limau Purut dan Bunut usulan penataan nagari dikembalikan untuk ditindaklanjuti oleh tim nagari tingkat kabupaten dan provinsi karena masih membutuhkan penyempurnaan," kata Hamsuardi didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setia Bakti, Kabag Pemerintahan Nagari Jon Wilmar Wahap serta Kasubag Penataan dan Batas Nagari, Syaikul Putra.


"Untuk penyempurnaan diberikan waktu selama tiga bulan sejak 26 Maret," jelas Hamsuardi.


Bupati menyampaikan, sembilan nagari persiapan, Tabek Sirah Talu,  Sungai Janiah Talu, Kajai Selatan, Simpang Rimbo Abu Kajai, Pinaga  Aua Kuniang, Lubuak Landua Aua Kuniang, Lembah Binuang Aua Kuniang, Anam Koto Utara dan Bandua Balai, usulan penataan nagari dikembalikan untuk ditindaklanjuti karena masih membutuhkan penyempurnaan kelengkapan persyaratan.


"Bagi Nagari  persiapan yang belum mendapatkan rekomendasi masih tetap berjalan seperti biasa, dan tim penataan nagari kabupaten  tetap berkomitmen  mengawal dan menyelesaikan administrasi,"  kata bupati. (boby)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama