Gempa Bumi Guncang Kepulauan Nias



GUNUNGSITOLI-Gempa bumi berkekuatan mangnitudo 6,4 mengguncang Kepulauan Nias, Sumatera Utara, pukul 06.58.22 WIB. Episentrum gempa di bagian Barat daya Nias. Gempa tidak berpotensi  tsunami, Selasa (20/04/21). 


Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa memiliki magnitudo  M=6,4 kemudian diupdate menjadi magnitudo M=6,1.


BMKG dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,17 LU dan 96,48 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 140 km arah Barat Daya Nias, Sumatera Utara pada kedalaman 16 km. 


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas tektonik pada Lempeng Samudera Hindia (outer rise)


Disebutkannya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault).


Guncangan gempa terasa hingga Aek Godang, Padang Sidempuan, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pakpak Bharat, Aceh Singkil II MMI dan Gunungsitoli. (Yamoni)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama