Masyarakat dan Aparat Desa Palang Jalan Raya


 Warga tutup jalan sebagai bentuk protes. 


GUNUNGSITOLI-Pemerintah Desa Idanotae bersama masyarakat pasang palang di jalan raya dengan menggunakan besi. Jalan dipalang di samping jembatan Foa menuju Desa Idanoate serta dekat pintu masuk menuju Pembangunan Puskesmas Gunungsitoli Idanoi, Sabtu (8/5/2021).

Pemasangan palang di jalan itu merupakan bentuk protes warga karena jalan tersebut dilalui mobil pengangkutan bahan material bangunan. Warga merasa terganggu dengan lalu lintas kendaraan tersebut. Sebab, mobil yang melintas melewati kapasitas jembatan untuk menahan beban. Warga takut jembatan rusak.

Pemalangan jalan lantaran pemuda dan pemerintah desa Idanotae merasa tidak dilibatkan dalam pekerjaan sebuah proyek pembangunan.

Mobil yang melintas mengangkut bahan material pembangunan ruang puskesmas di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi yang dilaksanakan sebuah rekanan.

Direktur Faomano Ndruru, selaku pelaksana pembangunan menyebut pemalangan jalan oleh oknum aparat desa merupakan hal yang kurang baik dan mengganggu kepentingan umum. 

"Saya melihat, ada yang kurang paham tentang perbedaan pengelolaan dana desa dengan proyek yang dikerjakan mitra pemerintah . Mudah-mudahan ada yang memberikan pemahaman tentang hal itu," kata Direktur.

Salah satu warga Desa Idanotae, Derius Hura, menyampaikan aksi tersebut merupakan inisiatif pemerintah desa dan masyarakat. Aksi dilakukan mengingat kapasitas jembatan tidak mampu untuk menahan beban damtruk yang lewat, sehingga warga mengantisipasi hal yang tak diinginkan. 

Derius Hura menjelaskan, pemasangan palang ini berdasarkan kesepakatan mengingat jembatan itu meghubungkan dua desa. Kalau jembatan rusak, akibatnya bisa menimbulkan kerugian bagi banyak orang. 

Pemasangan palang besi tersebut terjadi sekitar pukul 15.00. Tidak lama kemudian, masyarakat desa tetangga mendatangi lokasi dan membuka kembali karena akses ke desa lain tertutup.  Namun, masyarakat bersama pemerintah Desa Idanotae memasang kembali penutup jalan itu. (yamoni)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama