Beri Penyuluhan Kesehatan, Satgas TMMD ke-111 Gandeng Puskesmas Seluas Dan Persit.

 

penyuluhan tentang pencegahan dan penanganan Stunting. 


Bengkayang - Satgas TMMD ke-110 TA.2021 Kodim 1202/Skw, tidak hanya fokus menyelesaikan pengerjaan fisik semata. Namun di sela kegiatan fisik, anggota Satgas TMMD juga menggelar kegiatan non fisik.


Diantaranya adalah penyuluhan tentang pencegahan dan penanganan Stunting dan Covid-19 yang berlangsung di Dusun Trimulya Desa Sentangau Jaya Jalan Trans Segorong Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang.


Dansatgas TMMD Ke-111 Letkol Inf Condro Edi Wibowo S.Sos., M.Han di tempat terpisah mengucapkan terima kasihnya kepada warga yang mengikuti kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk pencegahan dan penanganan stunting.


Masyarakat harus paham serta mengerti akan pentingnya permasalahan gizi, Karena itu mari mulai dari sekarang kita bersama-sama memperhatikan gizi anak agar nantinya mereka tumbuh menjadi dewasa dengan sehat,” ujarnya. Selasa, (29/06/2021). 


Sementara itu, melalui Puskesmas Fatkhur rozikin S.KM menjelaskan, masalah Stunting adalah kondisi yang menunjukkan kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak.


Dampak Stunting pada anak dapat mempengaruhinya dari ia kecil hingga dewasa. Dalam jangka pendek, stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.


Bahkan, dampak Stunting pada anak juga dapat menyebabkan kecerdasan di bawah rata-rata, sehingga prestasi belajar anak tidak bisa maksimal.

Kemudian, sistem imun tubuh anak menjadi tidak baik, sehingga mudah sakit, serta rentan menderita penyakit.


“Dampak buruk stunting pada anak bisa terus menghantui hingga usia tua. Karena itu, kondisi ini sangat penting untuk dicegah. Salah satunya dengan penyuluhan kesehatan melalui kegiatan non fisik TMMD,” kata Fatkhur rozikin S.KM.


Selain materi Stunting, Fatkhur rozikin S.KM juga menjelaskan bahwa dalam waktu dekat, masyarakat juga akan mendapatkan vaksin Covid-19.


“Kita harapkan kepada masyarakat nanti kalau sudah ada jadwal vaksin, tidak perlu ragu karena vaksin yang diberikan itu sudah dilakukan uji klinis dan halal,” pungkasnya.(Pendim 1202/Skw)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama