Personel Polres Pasbar Tes Swab PCR Secara Rutin

 

Anggota Polres Pasaman Barat antre untuk ikuti tes swab. 


PASAMAN BARAT-Demi menaati perintah kapolri, Polres Pasaman Barat telah melakukan vaksinasi dua kali serta melakukan tes swab PCR di markas komando, Selasa (8/6/2021).

Tes swab PCR diawali dengan pengambilan sampel cairan pernapasan atau lendir dari hidung dan tenggorokan dengan alat mirip cotton bud panjang. Terkadang, ada juga sampel yang diambil dari ludah. Setelah sampel swab diambil, sampel lalu dimasukkan ke dalam wadah steril dan disegel, lalu dikirim ke laboratorium. 

Setibanya di laboratorium, petugas laboratorium akan melakukan ekstraksi atau mengisolasi materi genetik dari sampel yang sudah diambil. Setelah diberi bahan kimia yang disebut reagen primer dan probe, sampel lalu dimasukkan ke mesin PCR untuk diproses termal (dipanaskan dan didinginkan secara terkontrol) untuk mengubah RNA menjadi DNA. 

Kemudian, sebagian kecil materi genetik virus SARS-CoV-2 tersebut diperbanyak sampai menghasilkan jutaan salinan DNA.  Selama proses ini, bahan kimia khusus akan mengikat DNA. DNA akan mengeluarkan cahaya fluoresen apabila terdapat virus SARS-CoV-2 dalam sampel. Keberadaan cahaya fluoresen tersebut merupakan sinyal yang dideteksi mesin PCR untuk menafsirkan hasil tes positif Covid-19. 

Pemeriksaan kesehatan ini hasilnya baru bisa diketahui dalam waktu sehari sampai seminggu, tergantung lokasi dan kapasitas laboratorium. Tingkat akurasi Tes swab PCR memiliki tingkat akurasi yang tinggi.  Tes ini merupakan standar emas atau tes terbaik yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).  Namun, tes swab PCR saat ini merupakan pemeriksaan paling andal dan akurat untuk mendeteksi infeksi virus corona atau Covid-19 aktif.  

Lantaran itu pula, tes swab rutin dilaksanakan di Polres Pasaman Barat. Kabupaten Pasaman barat kini mendekati zona merah dalam penyebaran Covid-19 di Sumbar.

Personel yang telah menjalani vaksinasi tetap wajib ikuti tes swab yang tenaga medisnya berasal dari RUSD Pasaman Barat. Tes swab PCR dilakukan secara bertahap. Yang terbaru, tes swab diakukan pada 43 personel, Selasa (8/6/2021).  Kapolres AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kabag Sumda Kompol Muzhendra menyebutkan,  walau sudah tes swab, personel tetap wajib melaksanakan protokol kesehatan. (BOBI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama