Ajo Zal, Polisi yang Membeli Lidi

Ajo Zal menyusun lidi sawit yang dibeli dari masyarakat

PASAMAN BARAT-Namanya Syafrizal. Dia merupakan anggota Polres Pasaman Barat, kelahiran Pariaman. Dia dekat dengan masyarakat. Warga memanggilnya Ajo Zal. 

Ajo Zal kini dikenal sebagai pengusaha. Dia membuka kesempatan bagi banyak orang untuk punya penghasilan. Caranya, dengan cara meraut daun sawit. Setelah dauh lepas, tinggal lidi. Maka, lidi itulah yang dibeli Ajo Zal.

Ajo Zal membeli lidi seharga Rp2.000 perkilogram Oleh Ajo Zal, lidi itu dikirim lagi ke Pekanbaru. Lalu, diekspor ke India dan Pakistan.

Ajo memulai bisnis itu ini bermula dari hobinya mencari info terkini di internet. Gawai yang ia pegang, dipergunakan untuk membaca artikel yang berisi ilmu pengetahuan tentang pemasaran lidi sawit di  pasar Asia. .

Bak gayung bersambut, dia mendapatkan ide membuka peluang bisnis untuk masyarakat. Berbekal pergaulan, dia menekuni bisnis itu. 

Dia membeli lidi sawit yang kering dan tidak hitam atau lapuk. "Ukurannya 70 sampai 85 centimeter," kata dia, Sabtu (10/7/2021).

Pasaman Barat memiliki kebun sawit yang luas. Berbekal ilmu Ajo Zal, lidi sawit yang dulunya barang terbuang, kini jadi sumber uang. 

Hingga kini, dia telah mengumpulkan empat ton lebih lidi sawit dan akan segera diekspor.

Berkat Ajo Zal pula, komunitas lidi sawit sudah ada di Kinali. Namanya, Aden Joyo Lidi Pasbar  di Jorong Sidodadi, Kenagarian Kinali, Pasaman Barat. (BOBI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama