Gayung Bersambut, Pemkab Bidik Puncak Gui-Gui

 Kharisma Halawa 


NIAS-Desakan sejumlah tokoh di Kabupaten Nias agar potensi wisata berupa panorama alam di Puncak Gu-Gui dikembangkan pemerintah setempat. Pemerintah kabupaten diminta tidak cuma menggali potensi laut dan pantai, tapi juga perlu mengelola potensi wisata di pedalaman.


Bak gayung bersambut, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Nias, Kharisma Halawa menyebut, kalau memang layak dikembangkan dan masyarakat mendukung, maka pemerintah siap menjadikan puncak itu sebagai prioritas pembangunan di masa depan.  

Puncak Gui-Gui terletak di Desa Orahali Idanoi, Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

Kharisma Halawa, Minggu (11/7/2021) menyebutkan,  Puncak Gunung Gui-gui ini merupakan destinasi eksotik yang memiliki daya tarik dan indah karena merupakan hamparan pemandangan alam yang sejuk serta memiliki ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut.

"Destinasi ini sudah termasuk dalam daftar destinasi Wisata yang akan dikembangkan oleh Dinas Pariwisata. Tentunya, alangkah baiknya bila hal ini dapat mulai ditata pemerintah desa melalui BUMDes karena konsep pembangunan pariwisata saat ini pengembangan desa wisata dengan melibatkan elemen masyarakat sesuai potensi desa tersebut," jelas Kharisma.

Dikatakannya, Dinas Pariwisata Kabupaten Nias mendukung apabila inisiasi Pemerintah Desa Orahili Idanoi karena mengingat pemerintah lebih fokus untuk menata destinasi yang sudah mulai berfungsi agar lebih bermanfaat serta memberi dampak ekonomi bagi penduduk.

"Setelah itu, baru kita lanjutkan untuk menata dan mengembangkan destinasi yang baru. Jadi lebih fokus, terukur dan berdaya guna dalam mendukung pembangunan ekonomi di tingkat desa dan daerah," katanya. (YAMONI)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama