Jangan Hanya Kembangkan Wisata Pantai, Bangun Juga Puncak Gui-Gui

 Puncak Gunung Gui-gui yang layak dikembangkan



NIAS-Banyak spot di Kepulauan Nias yang layak dikembangkan jadi destinasi wisata. Entah itu laut, perbukitan hingga budaya. Alam memberikan panorama yang menarik. Bila kawasan wisata dikelola dengan serius, ujung-ujungnya rupiah mengalir deras. Masyarakat akan sejahtera karena banyak orang akan berkecimpung di sektor itu.

Kepulauan Nias indah dan kaya potensi wisata. Mulai dari pantai-pantai yang indah, air terjun, aliran sungai serta gunung yang menjulang.  Salah satunya puncak tertinggi di Kepulauan Nias dan layak dikembangkan menjadi destinasi wisata adalah puncak Gunung Gui-gui. Puncak ini terletak di Dusun IV, Desa Orahili Idanoi, Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

Salah satu warga Kabupaten Nias, Satozisokhi Sandroto mengatakan, ada dua gunung yang dikenal paling tertinggi dan bersejarah di kepulauan ini, Gunung Gui-Gui dan Gunung Lolomatua. Keduanya menyajikan pemandangan yang indah.

"Puncak Gui Gui ini udaranya sejuk dan apalagi jika memandang sekeliling, seluruh letak atau keberadaan setiap kabupaten atau kota di Kepulauan Nias dapat terlihat," ucap Satozisokhi Sandroto yang juga Kepala Desa Saitagaramba.

Dia sangat yakin dan percaya, jika lokasi tersebut bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata, maka wisatawan dari luar bisa datang untuk melihat pemandangan panorama alam yang tidak kalah saing dengan keindahan di daerah Brastagi (Karo).

"Kita mendorong Pemerintah Kabupaten Nias menata puncak tersebut. Selama ini yang dikembangkan hanya pantai. Lihat juga potensi di pedalaman. Jangan hanya yang di pesisir. Kalau tak dibangun, kapan daerah pedalaman akan maju," katanya. 

Warga lainnya, Ama Yari Waruwu menjelaskan, puncak tersebut layak dibangun jadi kawasan wisata karena seluruh hutan masih tertutupi pohon. Alam masih asri.  "Dari bagian puncak, semburat matahari dan lanskap alam merupakan pemandangan apik yang akan didapatkan," jelas dia.

Dikatakannya, lokasi puncak Gunung Gui-Gui ini waktu yang diperlukan dari persimpangan Desa Ehosakhozi, dengan menggunakan sepeda motor butuh waktu 20 menit. Sedangkan, yang berangkat melalui Kota Gunungsitoli akan lebih lama lagi karena butuh waktu tambahan sekitar tiga jam.

"Akses menuju puncak sudah dibuka badan jalan, tinggal pengembangan," katanya. (YAMONI)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama