Jembatan Foa Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah


 Warga buang sampah sembarangan, merusak pemandangan. 


GUNUNGSITOLI-Salah satu jembatan yang berada di jalan lintas Gunungsitoli menuju Kota Telukdalam dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga yang tidak bertanggungjawab.


Padahal, sudah terpasang himbauan dari Dinas Tata Ruang Perumahan dan Kebersihan Kota Gunungsitoli agar membuang sampah pada tempatnya. Namun, plang imbauan yang tertulis, rupanya dianggap slogan kosong.

Lokasi Kejadian tersebut, terletak di Jembatan Foa, Desa Foa, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli. Di lokasi menumpuk kulit durian dan sampah rumah tangga. Tiap hari sampah selalu menghiasi sisi jembatan, bahkan membuang ke bawah jembatan itu.

Menurut seorang pengendara, oknum masyarakat menganggap membuang sampah sembarangan adalah hal biasa. Namun, faktanya membuang sampah berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

"Banyaknya sampah di areal jembatan membuat pemandangan menjadi tidak sedap, Kuat dugaan sampah tersebut berasal dari sampah rumah tangga, meskipun sudah terpasang plang berupa himbaun. Perlu tindakan nyata dan tegas dari pemerintah daerah," katanya, Kamis (15/7/2021).

.Dijelaskannya, rendahnya kesadaran masyarakat tentang sampah dan ini menjadi persoalan penanganan sampah di Kota Gunungsitoli tidak bisa dilihat secara parsial semata dan perlu tindakan edukasi dari semua pihak terkait, termasuk pihak pemerintahan terkecil dan peran ulama juga diperlukan.

"Persoalan menyangkut infrastrukur penanganan sampah dan dukungan serius pemerintah daerah jangan sampai masyarakat membuang sampah sembarang karena mereka bingung membuang kemana atau sampah yang tersimpan," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo saat dimintai tanggapannya mengatakan akan menyampaikan kepada pemerintah desa dan juga kepada pemerintah Kecamatan setempat.

"Akan kita sampaikan kepada kepala desa dan juga kepada camat setempat agar mengatasi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di wilayahnya, " katanya. (YAMONI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama