Kantor Wali Nagari Kinali Dijaga Puluhan Polisi

Polisi berjaga di kantor wali nagari


KINALI-Polres Pasaman Barat mengirimkan puluhan polisi untuk menjaga Kantor Wali Nagari Kinali, Senin (26/7/2021). Personel itu ditugaskan untuk mengamankan aksi unjuk rasa masyarakat.


Kapolres AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kabag Ops Kompol Mudasir, menyebutkan, puluhan anggota dalmas itu untuk back-up Polsek Kinali dalam rangka mengawal aksi warga agar tidak mengabaikan prokes serta menghindari aksi anarkis yang dilakukan oleh pengunjuk rasa.

Penyebab aksi warga, diduga tidak diacuhkannya pengurusan administrasi dan dokumen oleh Pj wali nagari serta ada beda pendapat tentang yang Dipertuan Kinali hingga berbuntut aksi demo. 

Salah seorang warga, Firdaus yang akrab disapa Buya menyebutkan, ada masyarakat yang kecewa terkait pelayanan administrasi di kantor wali nagari.

Selain perkara ini, ada juga kaitannya dengan permasalahan pangkuan adat Yang Dipertuan Kinali yang memegang tahta awalnya Yang Dipertuan Kinali Mustika Yana, namun berganti menjadi Tuanku Asrul yang memegang tahta Yang Dipertuan.

Meski telah dilaksanakan pati ambalau oleh pihak Tuanku Asrul, namun hal itu tidak membuat suasana mereda, justru membuat cucu kemenakan tambah bingung dengan ditunjuknya ninik mamak yang baru, sedang ninik mamak yang lama masih mengakui dirinya yang sah.

Guna meredakan situasi, pemerintah nagari beserta badan musyawarah melakukan hearing terbatas di kantor Wali Nagari Kdan dihadiri Kapolsek Kinali AKP Defrizal. (BOBI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama