Pemerintah Desa Tuhegeo II Kembangkan Keterbukaan dalam Pembangunan

Yaredi Laoli 


GUNUNGSITOLI-Pemerintahan Desa Tuhegeo II, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara gelar musyawarah desa membahas rencana kerja pemerintah desa 2021 di kantor desa setempat, Senin (5/7/2021).

Kepala Desa Tuhegeo II, Yaredi Laoli mengatakan, musyawarah desa penyampaian rencana kerja pemerintah desa untuk tahun ini guna menampung aspirasi aspirasi masyarakat yang nantinya dijadikan sebagai kerangka acuan dalam menyusun program dan kegiatan 2021.

Pada saat musyawarah itu, semua pendapat dan saran bagi para peserta menjadi bahan acuan dalam pengambilan keputusan lewat rapat dengan mengedepankan azas manfaat bagi warga. "Kita transparan dalam menampung semua usul dari masyarakat guna melanjutkan pembangunan di Desa Tuhegeo II pada anggaran tahun ini," tuturnya.

Yaredi Laoli memaparkan kegiatan fisik dan non fisik yang telah teralisasi pada 2020 maupun kegiatan tahun berjalan.  Usai pemaparan pokok-pokok pikiran dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan, serta aspirasi masyarakat yang akan dimuat dalam RKP Desa dilanjutkan dengan pembentukan tim penyusun dan verifikasi RKPDesa 2021.

Rancangan atau usulan masyarakat yang sudah ditampung pada kegiatan pembangunan tahun ini, berupa peningkatan pembangunan pengerasan jalan, TPT, dwiker plat, jamban dan rabat beton. "Semua usulan ini sudah menjadi keputusan rapat bersama dan nantinya akan dijadikan program kegiatan anggaran 2021," tegasnya.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Bazatulo Laoli berharap musdes ini sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugas. "Musyawarah RKP desa ini dapat merupakan sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa, semoga bisa terealisasi pada 2021," harap Bazatulo

Pertemuan tersebut dihadiri Kepala desa Tuhegeo II, sekertaris bersama perangkat desa, BPD, LPM, dan para tokoh serta masyarakat. Kegiatan mengikuti anjuran pemerintah dengan menjalanan protokol kesehatan. (YAMONI)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama