Kir Elektronik di Pasbar Kembali Beroperasi

 Bupati serahkan hasil uji kir pada warga


PASAMAN BARAT-Sebelumnya uji kir di Dinas Perhubungan Pasaman Barat sempat berhenti beroperasi karena tidak keluarnya akreditasi oleh pemerintah pusat. Sehingga mengakibatkan beberapa bulan tidak bisa melakukan pelayanan.

Pada Senin, (9/8/2021) Bupati Hamsuardi, didampingi Sekretaris Daerah Hendra Putra dan stakeholder terkait lainnya meninjau Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Dinas Perhubungan (Dishub) yang telah mulai beroperasi kembali mulai 2 Agustus lalu.

Kepala UPT Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Ade Putra, menjelaskan pelayanan UPT pengujian kendaraan bermotor Pasaman Barat sejak 1 Januari 2021 lalu ditutup, karena belum keluarnya akreditasi.

"Pada 19 April 2021, berdasarkan SK Direktur Perhubungan Darat Nomor KP-1303 tahun 2021 tertanggal 14 april 2021. UPT pengujian kendaraan bermotor mendapat akreditasi B. Terhitung 2 Agustus, kami operasional kembali, dengan menggunakan sistem BLUe sesuai ketentuan PM 133/2015," ungkapnya.

Ia menegaskan, saat ini masyarakat sudah bisa menggunakan kir elektronik dengan keluarnya bukti lulus uji elektronik (BLUe) tersebut.

Hamsuardi meminta Dishub meningkatkan pendapatan asli daerah jika sudah bisa melakukan uji kir secara elektronik. Ia berharap kir ini bisa menjadi salah satu sumber PAD di Pasbar. "Kepada Dishub, kita berharap bisa memaksimalkan potensi terutama di bidang kir ini," katanya. 

Karena dengan adanya kir elektronik ini, lanjutnya, warga tidak akan menggunakan buku KIR tetapi akan menggunakan kartu yang berbasis elektronik, yang nantinya di kartu itu diberi barcode. (BOBI)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama