Kodim Batang Kenalkan Bertanam Tanaman dengan Cara Hidroponik

 

Personel TNI dikenalkan bertanam dengan cara hidroponik.


BATANG-Kodim 0736/Batang melaksanakan kegiatan pembinaan ketahanan pangan melalui demplot atau pilot proyek tanaman hidroponik, walau masa pandemi Covid-19 belum berakhir.

Dandim Letkol Arh Yan Eka Putra melalui Kepala Staf Kodim Batang Mayor Kav Haryono, Rabu (25/8/2021), mengungkapkan perlunya para Babinsa dapat bertani menanam tanaman sawi atau pakcoi dengan cara Hidroponik. Ini merupakan kegiatan pembinaan ketahanan pangan.

Tema yang diusung adalah mewujudkan Binter yang adaptif melalui pembinaan ketahanan pangan di wilayah pada masa pandemi Covid-19. Dengan lahan tanam di Koramil jajaran yang terbatas, maka upaya yang dilakukan agar dapat tetap bercocok tanam adalah dengan cara hidroponik. 

"Cara bercocok tanam ini, tidak mengandalkan lahan tetapi memakai media lain seperti pipa. Keterbatasan lahan ternyata bukanlah hambatan untuk bertani. Dengan sistem pertanian hidroponik hambatan lahan bisa diatasi dengan hasil yang tak kalah bagusnya dengan sistem pertanian konvensional," katanya.

Menurutnya, kelebihan hidroponik ini, selain penggunaan lahan yang terbatas, juga karena bisa tumbuh di mana saja dan tak tergantung pada musim. Bahkan di wilayah pesisir dengan iklim panas pun bisa tumbuh dengan baik. Prinsip pertanian hidroponik ini adalah budidaya tanaman yang tidak lagi menggunakan tanah sebagai media tanam, tetapi memanfaatkan air yang telah diberi nutrisi untuk tanaman.

Adapun tujuan dari pembinaan ini, babinsa akan mendapatkan pengetahuan ilmu tentang menanam sayuran dengan teknik hidroponik, sehingga nantinya dapat di kembangkan di lingkungan keluarga. 

"Dengan modal sedikit dapat menghasilkan yang hasil lumayan untuk menunjang kesejahteraan keluarga. Dandim berharap melalui tanaman hidroponik ini dapat menginspirasi para prajurit dan warga sekitar untuk memanfaatkan lahan tidur atau pekarangan yang menganggur di rumah masing-masing," kata Haryono. (SAS)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama