Proyek Terkesan Dikerjakan Asal Jadi, Bina Marga Gunungsitoli Janji Perbaiki Kembali

Jalan rusak yang akan diperbaiki lagi
                                                        



GUNUNGSITOLI-Proyek peningkatan jalan hotmix ruas Desa Foa-Samasi yang berada di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara diduga dikerjakan asal-asalan oleh kantraktor. Pekerjaan disinyalir tanpa memperhatikan kualitas, sehingga dinilai hasilnya tidak memuaskan.

Pasalnya, proyek ini masih belum seumur jagung sudah mulai rusak. Padahal proyek tersebut baru selesai dikerjakan beberapa hari lalu. Apalagi tanpa adanya keterbukaan terhadap masyarakat dengan tidak memasang papan plang proyek.

Menurut warga, Yorint Batee, pembangunan peningkatan jalan hotmix ruas jalan desa tersebut mulai sudah rusak, meskipun masih beberapa hari baru selesai dikerjakan dan menduga proyek yang dikerjakan kurang pemadatan serta asal-asalan.


Kabid Bina Marga Calfin Zebua, sekaligus PPK beri penjelasan pada wartawan

"Kuat dugaan tidak sesuai dengan spesifikasi yang direncanakan sebelumnya. Terlihat, pemadatan bahan material di lokasi menggunakan baby roller sehingga hasilnya belum maksimal dan terbukti  kondisi jalan saat ini sudah rusak serta mengelupas, "ungkapnya.

Tambahnya lagi, pada saat pekerjaan ada beberapa titik pekerjaan kurang lebih 400 Meter yang belum menggunakan lapis pondasi (AC-base) serta aspal hotmix tersebut diduga tipis sehingga tidak kuat menahan beban. Indikasinya, hasil pekerjaan tidak bertahan lama.

“Proyek itu dikerjakan asal-asalan dan buru-buru. Pihak kontraktor terkesan tidak profesional dan tanpa memikirkan kualitas, sehingga kuat dugaan tidak sesuai dengan RAB yang sudah ditentukan sebelumnya," jelasnya.

Yorint Batee mengharapkan kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas PURR harus bertindak tegas terhadap oknum kontraktor nakal yang mengerjakan proyek asal-asalan itu dan meminta untuk dibenahi kembali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Gunungsitoli melalui Kabid Bina Marga Calfin Zebua, sekaligus PPK dari perkerjaan tersebut menjelaskan, benar ada kelalaian dalam pembangunan tersebut dan akan segera menindaklanjutinya dalam waktu dekat dan ditargetkan awal September ini.

"Kami akan melakukan perbaikan kembali pembangunan jalan hotmix tersebut pada awal  September ini sebelum di-PHO, karena pihak rekanan karena sedang menjalani isolasi," ungkap Kabid kepada wartawan, Kamis (12/08/2021).

Dijelaskannya, terkait pemakaian alat berat, khususnya pemadatan bahan material dengan beralasan akibat ada tanjakan di lokasi proyek  di ambang batas sekitar 30 derajat yang seharusnya 16 derajat sehingga alat berat seperti tandem roller tidak bisa mondar mandir untuk mengpadatkan jalan ditanjakan itu.

"Kita coba memperbaiki kembali dengan menggunakan tandem roller. Namun, kalau tidak bisa maka jalan ditanjakan itu akan kita tinggalkan dan melanjutkan pembangunannya kedepan," kata Calvin

Ditambahkan, soal papan merek proyek, pihaknya segera meminta rekanan menempelkannya.  "Tanpa ada alasan apapun agar masyarakat tahu bentuk transparansi kita dalam mengerjakan pembangunan jalan tersebut," katanya.

"Biaya pembanguan peningkatan Jalan ruas desa Foa-Samasi bersumber dari APBD Gunungsitoli 2021, dengan nilai pagu paket Rp2. 375,947,000 dengan pelaksana CV Utama," katanya. (YAMONI)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama