Tanah Longsor Akibat Hujan Deras, Rumah Warga Terancam

 Longsor yang mengancam rumah warga


NIAS-Tanah longsor terjadi akibat curah hujan dengan intensitas tinggi melanda Kepulauan Nias. Hujan mengakibatkan banjir, tanah longsor,  rumah rusak pada beberapa lokasi, salah satunya di Desa Sisobahili I Tanose'o, Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias, Sabtu (14/8/2021).

Salah seorang warga Desa Sisobahili I Tanose'o, Yurisman Zendrato mengatakan, akibat hujan Sabtu lalu tanah disamping rumah sebelah kanan mengalami  longsor bahkan tanah  longsor ini mendekati pinggir jalan umum.

"Dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa, namun demikian kami sekeluarga mengalami kekhawatiran terhadap longsor susulan yang lebih besar. Kami harapkan kepada pemerintah daerah untuk melakukan langkah langkah penanganan tanah longsor di samping rumah kami," tuturnya kepada wartawan, Senin (16/8/2021).

Di tempat terpisah dan pada desa yang sama, satu unit rumah mengalami kerusakan di bagian dinding samping sebelah kiri hingga roboh jatuh ke tanah.

"Rumah warisan  ini milik adik saya, A.Keisha Zendrato yang tinggal di Gunungsitoli. Awalnya sudah kian rusak pasca hujan deras dua tahun lalu akhirnya dinding, dan lantai retak, bahkan tidak bisa dihuni dan semakin diperparah Sabtu lalu  hingga dinding rumah ini  roboh," kata Meilius Zendrato juga sebagai mantan kepala desa.

Dikatakannya, kondisi area rumahnya berada di dataran rendah sehingga setiap kali hujan deras sasaran air dari dataran tinggi mengaliri ke rumah ini.

"Kita harapkan adanya perhatian Pemerintah Kabupaten Nias bahkan pemerintah desa melalui dana desa dapat membangun tembok penahan atau parit sehingga bisa diantipasi bencana yang lebih besar," harap Meilius. (YAMONI)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama