1.495 Tim dari 173 Perguruan Tinggi Ikut LIDM Nasional

 Rektor Unand buka LIDM bersama Koordinator Pokja Puspresnas Rizal Alfian dan Wakil Rektor III Insannul Kamil.


PADANG- Sebanyak 1.495 tim dari 173 perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia mengikuti lomba inovasi digital mahasiswa (LIDM) nasional 2021.

Universitas Andalas jadi rumah kegiatan tersebut. Lomba dibuka di Hote Grand Zuri, Padang, Jumat (17/9/2021) malam.    Wakil Rektor III Universitas Andalas Insannul Kamil mengatakan, pelaksanaan LIDM tahun ini terdiri dari lima divisi lomba di antaranya divisi inovasi teknologi digital, inovasi materi digital pendidikan, video digital pendidikan, poster digital pendidikan dan microteaching digital.

Dikatakan Insannul, dalam LIDM tahun ini, Universitas Andalas ditunjuk sebagai tuan rumah. Lomba tersebut yang merupakan agenda dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Lomba mengusung tema peran inovasi digital mahasiswa dalam mengimplementasikan merdeka belajar-kampus merdeka menuju Indonesia bangkit berkompetisi abad 21 dan dilaksanakan secara daring.

Dikatakan Insannul, lomba tersebut juga bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis Universitas Andalas ke65 dan Lustrum XIII. “Kegiatan di Universitas Andalas menjadi gelaran yang ketiga kalinya. Pada 2019 dan 2020, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi tuan rumah dari kompetisi nasional bergengsi ini,” sambungnya.

Rektor Prof. Yuliandri mengucapkan terimakasih dan penghormatan atas kepercayaan yang telah diberikan Puspresnas Kemendikbudristek. Kegiatan ini menjadi pentas nasional bagi mahasiswa se-Indonesia untuk saling berbagi gagasan, saling berkabar perkembangan dalam kreativitas dan inovasi, kolaborasi kebangsaan yang akhirnya mampu merawat ruang persahabatan dan kebersamaan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk Indonesia maju.

Pembukaan lomba oleh Rektor Universitas Andalas ditandai dengan pemukulan gandang bersama Koordinator Pokja Puspresnas Rizal Alfian, dan Wakil Rektor III, Insannul Kamil.

Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi mengapresiasi pelaksanaan LIDM yang berlangsung di ranah Minang. Harapannya semakin banyak inovasi yang muncul dan bisa dirasakan manfaat bagi masyarakat dari pergelaran acara ini. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama