ACT Nobatkan Sumbar sebagai Provinsi Dermawan

 

Penyerahan penghargaan dari ACT


PADANG–Aksi Cepat Tanggap (ACT) menobatkan Sumatera Barat sebagai provinsi yang dermawan atas kepedulian masyarakatnya yang sangat tinggi terhadap kemanusiaan.

“Dalam beberapa kali bencana di Indonesia maupun luar negeri masyarakat Sumbar menunjukkan kepedulian dan kedermawanannya dengan memberikan donasi serta bantuan kemanusian sehingga patut dinobatkan sebagai provinsi dermawan,” ujar Vice President National Philantropy Network ACT, Mukhti, Senin (6/9/2021).

Disebutkannya, berdasarkan catatan ACT sejak 2018, kepedulian masyarakat Sumbar atas nama kemanusiaan mengulurkan bantuan bagi saudaranya yang tertimpa musibah sangat tinggi. Dan, tentunya penyaluran bantuan selalu dipercayakan kepada ACT sebagai mitra profesional. 

“Beberapa bencana besar yang patut dicatat di antaranya gempa Lombok dan Palu pada 2018, banjir besar di Kalimantan Selatan, kapal kemanusiaan untuk Rohingya di Bangladesh serta bantuan untuk masyarakat Palestina,” jelasnya.

Selain itu katanya, setiap tahun masyarakat Sumbar juga terus mendukung program kapal kemanusiaan untuk daerah Mentawai serta aksi kemanusiaan lainnya. “Hari ini kembali buktikan kepedulian masyarakat Sumbar dengan memberikan bantuan ambulance untuk Palestina,” tuturnya.

Ia meyakini semua bantuan tersebut akan mendapatkan balasan amal yang setimpal sekaligus bisa mempererat jalinan ukhuwah islamiyah. “ACT akan terus berupaya menjadi mitra profesional yang terbaik untuk membantu menyalurkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat Sumbar untuk saudara kita yang tertimpa musibah baik di dalam maupun di luar negeri,” ungkapnya.

Ketua TP PKK Sumbar, Harneli Bahar mengatakan donasi yang diberikan oleh masyarakat Sumbar melalui PKK dan organisasi lainnya merupakan sebuah motivasi bagi pihak lain untuk ikut memberikan bantuan kemanusiaan.

“Misalnya kepedulian atas Palestina didorong oleh fakta sejarah negara itulah yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Disamping itu Palestina adalah kiblat pertama umat Islam karena itu patut mendapatkan perhatian dari semua pihak,” terangnya.

Harneli juga mengapresiasi dukungan dari PKK 19 kabupaten dan kota di Sumbar serta organisasi lain seperti BKOW dan IGTKI yang hanya dalam waktu beberapa bulan lalu mampu mengumpulkan donasi untuk pengadaan bantuan ambulan bagi Palestina.

“Dirinci total donasi dari TP PKK provinsi dan kabupaten kota serta organisasi lainnya mencapai Rp633 juta rupiah sehingga pengadaan bantuan ambulance dapat dilaksanakan,” katanya.

Lima TP PKK dengan donasi terbanyak adalah Pesisir Selatan, Agam, Pasaman Barat, Kabupaten Solok dan Padang.

“Kami berharap donasi dan bantuan kemanusiaan yang terkumpul itu bisa sedikit meringankan beban warga muslim di Palestina,” pungkasnya. (BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama