Dituding Soal Proyek, Ini Pembelaan B2PJN Nias

 Firman Hutauruk 


KEPULAUAN NIAS-Beberapa LSM dan sejumlah media di Kepulauan Nias yang menamakan diri dari Aliansi Masyarakat Sipil Pemerhati Pembangunan Kepulauan Nias (AMSP2-KP) mendatangi Sekretariat Perwakilan B2PJN PPK 3,5  di Jalan Supomo Nomor 26, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Jumat (10/09/2021).

Pihak B2PJN PPK 3,5,  Firman Hutauruk menjelaskan, kedatangan warga itu untuk menyampaikan pernyataan sikap terhadap pemerintah atau Kementerian PUPR, B2PJN Pusat dan Wilayah Sumatera Utara serta Satker B2PJN dan PPK 3.5 wilayah kerja Kepulauan Nias terkait proyek pekerjaan pemeliharaan jalan dan jembatan serta senitasi jalan nasional ruas Gunungsitoli-Telukdalam yang bersumber dananya berasal dari APBN 2021.

"Yang jelas, proyek belum selesai, tapi masih dikerjakan. Tidak ada proyek pembangunan yang kita tangani tahun ini seperti tudingan AMSP2-KP itu, tetapi yang ada hanya pekerjaan reservasi atau pemeliharaan yang dananya selama satu tahun Rp14 milliar," ungkap Firman Hutauruk selaku PPK 3,5, Sabtu (11/9/2021).

Progres pekerjaan yang disampaikan AMSP2-KP itu masih belum selesai. Artinya masih dalam pengerjaan karena kita mengerjakan itu secara preservasi dengan tujuan mengamankan jalan dan jembatan agar warga dapat lebih nyaman jika dilewati para pengguna khususnya di kepulauan Nias.

Firman Hutauruk menegaskan, jika terjadi longsor pada bagian jalan maka pihaknya akan langsung memperbaikinya yang dilaksanakan PT Satu Tiga Mandiri dan juga sedang berlangsung.

Mengenai tembok penahan yang di KM 40 yang ambruk karena faktor tanahnya labil serta sering bergeser walau sudah ditimbun beberapa kali dan sampai saat ini belum dibayar kepada pihak rekanan. Maka hal tersebut sudah dilaporkan ke pusat untuk dibuat perencanaan ulang penanganannya.

"Kalau ada badan jalan yang berlubang kami segera menutup dan apabila ada jalan yang amblas kita akan menimbun untuk mencegah badan jalan hilang serta begitu juga untuk jembatan," tegasnya. (YAMONI)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama