Pelajar di Tanah Datar Antusias Ikut Vaksinasi

 Pelajar ikuti tahapan vaksinasi. (humas)


BATUSANGKAR-Bupati diwakili Plt. Sekretaris Daerah Edi Susanto menghadiri program Vaksinasi Merdeka yang digelar Polres Tanah Datar bekerjasama dengan TNI, Dinas  Kesehatan dan stakeholder lainnya di Pesantren Thawalib Tanjung Limau, Kecamatan Pariangan, Selasa (7/9/2021).

Sebanyak 500 pelajar dengan rentang usia 12-17 tahun ditargetkan menerima vaksin program Vaksinasi Merdeka ini, yang juga diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, pelaksanaannya turut ditinjau secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari salah satu pondok pesantren di Jawa Timur.

“Kita mengapresiasi kegiatan ini yang tentunya meningkatkan angka vaksinasi di Tanah Datar, sehingga dapat mempercepat terbentuknya herd imunity dan mengurangi perawatan serta resiko kematian,” ujar Edi Susanto didampingi Kabag Humas dan Protokol Yusrizal dan Camat Pariangan Abdurrahman Hadi.

Edi Susanto juga mengatakan kesadaran masyarakat terhadap manfaat vaksin cukup tinggi sehingga peserta terlihat antusias. “Target awal 500 pelajar, kita tambah menjadi 650 mengingat tingginya permintaan untuk divaksin,” sampai Edi.

Kapolres AKBP Rokhmad Hari Purnomo, mengatakan pada program Vaksinasi Merdeka itu, tidak hanya diperuntukan untuk pelajar rentang usia 12-17 tahun tetapi juga diperkenankan bagi masyarakat umum.

“Jadi kebetulan sasaran vaksin ialah pelajar, sehingga kita kumpulkan pelajar yang belum divaksin untuk divaksin. Tapi selain itu, masyarakat umum diperbolehkan untuk ikut vaksinasi ini,” ujar Rokhmad Hari Purnomo yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas.

Kapolres Rokhmad berharap masyarakat  memanfaatkan program Vaksinasi Merdeka ini, guna melindungi diri dari covid-19, selain menimalisir risiko berat bagi seseorang jika terinfeksi virus tersebut.

“Dengan divaksin kita dapat menjaga imun tubuh, kemudian  kita bisa membentuk herd immunity atau kelompok  imun di lingkungan  masyarakat terutama di sekolah. Pelajar yang divaksin nantinya sudah bisa  pelaksanaan tatap muka yang lebih aman dan menurunkan resiko terinfeksi Covid-19,” ujar Rokhmad.

Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zedrianis menambahkan program Vaksinasi Merdeka turut membantu program vaksinasi bagi pelajar di Tanah Datar yang sedang berjalan. 

“Terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan yang sama sudah dimulai dua minggu lewat dan masih berlangsung, di mana Puskesmas jemput bola memberikan pelayanan vaksinasi bagi pelajar usia 12-17 tahun di Luhak Nan Tuo, nantinya semua akan merata mendapatkan vaksinasi ini,” ujar Yesrita. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama