Saluran Drainase Retak, Warga Minta Perbaikan


 Saluran air yang dinilai warga perlu diperbaiki lagi


NIAS-Pembangunan drainase sebagai pendukung pada pekerjaan hotmix jalan ruas Lolozasai menuju Sisobahili Kecamatan Gido, Kabupaten Nias disorot masyarakat. Baru beberapa hari selesai dikerjakan, drainase ada yang retak. 

Selain itu, terdapat kerusakan di sejumlah dinding tembok penahan dan lantai drainase.  Warga minta dilakukan perbaikan. PPK berjanji menyampaikan tuntutan masyarakat ke pelaksana kegiatan

“Kami minta pihak terkait segera memperbaiki kembali pekerjaan itu, bagian yang retak untuk segera dibongkar dan dicor ulang," kata seorang warga.

Warga di sana khawatir kualitas ataupun mutu pekerjaan diduga tidak sesuai dengan harapan serta tidak akan bertahan lama. Padahal pembangunan jalan itu sangat dinanti sejak lama masyarakat.

"Akibat tak ada parit, kondisi pinggiran hotmix semakin tergerus bila ada hujan. Apalagi airnya meluap di atas bahu jalan. Selain itu, retak dan bergelombang serta mudah terkelupas, " kata warga lainnya.

Diketahui, kegiatan tersebut menggunakan anggaran Rp7.855.500.000 yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) reguler/ APBD Kabupaten Nias 2021 dan dikerjakan rekanan. Hingga saat ini, proyek itu belum memenuhi pencapaian target pembangunan atau minus target yang ditentukan dengan masa kerja dimulai dari 20 April-16 Oktober 2021.

Dinas PUPR Kabupaten Nias melalui PPK, Purba membenarkan pekerjaan diperpanjang sampai akhir Desember ini. "Ada sekitar 40 persen lagi yang belum terlaksana seperti penurunan grade, hotmix, dan bahu jalan," kata Purba.

Purba menanggapi keluhan masyarakat  terkait untuk parit pasangan atau tembok yang retak itu. Dia akan menyampaikan sama penyedia untuk diperbaiki sebelum serah terima pekerjaan pertama dilaksanakan atau sampai akhir perpanjangan kontrak.

Sedangkan, untuk drainase yang di atas bukit itu tidak bisa dilaksanakan secara permanen, hanya nanti akan dibuat galian tanah untuk parit di lokasi STA 1+600 - STA 1+800.

"Diharapkan juga peran DPRD untuk mengusulkan atau mengalokasikan dana DAU untuk pembangunan drainase di ruas tersebut, " katanya. (YAMONI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama