Toilet Direhab, Kepala SDN Hiliwarokha Heran, Sisa Bongkaran Raib


Bangunan toilet yang jadi tanda tanya pihak sekolah

NIAS-Seorang kepala sekolah heran dengan rehab toilet di sekolah yang ia pimpin. Sebab, dia tak tahu siapa pelaksananya, tak tahu sumber dananya dan jelas rehab itu proyek dari instansi mana.

Spekulasi bermunculan, bisa jadi itu proyek siluman dengan anggaran pemerintah. Bisa juga kejutan dari alumni atau pihak lain yang tak ingin diketahui identitasnya. Hal yang mangegetkan kepala sekolah, sisa bongkaran lama hilang semua. 

Rehab toilet itu ada di SDN 075039 Hiliwarokha, Desa Hiliwarokha, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Sejak awal, rehab toilet tersebut tidak memiliki plang proyek. Yang jelas, sekarang sekolah telah memiliki toilet baru

Kepala SDN Hiliwarokha, Marta Kristiana Bawamenewi mengatakan, dia benar-benar tidak mengetahui tentang keberadaan proyek itu dan asal sumber dananya. "Rehab ini dikerjakan tanpa sepengetahuan pihak sekolah," katanya.

"Memang ada bangunan rahab toilet (WC). Namun, kami tidak mengetahui sejak awal sampai saat ini tentang rehab di SD Negeri 075039 Hiliwarokha karena belum ada pemberitahuan pada sekolah maupun pihak rekanan," Marta

Dijelaskannya, tidak tahu tentang berapa anggaran, sumber dananya darimana dan dari dinas mana.  Marta merasa kebingungan karena aset bongkaran rehab tersebut tidak ada dan pihak sekolah menduga pihak ketiga mengambil aset sekolah bongkaran rehab toilet tersebut. 

“Hasil bongkaran rehab berupa seng dan kayu tidak ada yang tersisa sedikitpun, semuanya dibawa pelaksana pekerjaan," katanya.

Pihaknya juga akan membuat laporan tentang aset milik sekolah kepada pihak terkait agar mempunyai titik terang. "Kami akan pertanyakan rehab toilet itu," kata dia.

Warga di sana menilai, kalau seandainya itu proyek pemerintah, hal itu disayangkan. Sebab, tak ada transparasi.  

"Kita berharap, pihak terkait untuk melakukan tindakan tegas terhadap setiap pelaksanaan pekerjaan bangunan yang dibiayai oleh negara," harap warga itu. (YAMONI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama