Agam Tampikan Sulaman dan Olahan Rinuak di Padang Panjang Expo


 Produk yang ditampilkan Agam di Padang Panjang Expo


PADANG PANJANG-Sejumlah kegiatan meriahkan pelaksanaan MTQ di Padang Panjang. Salah satunya, Padang Panjang Expo. Pameran itu menjadi ajang unjuk kebolehan kabupaten dan kota di Sumbar untuk menampilkan produk industri kecil maupun UMKM.


Di Padang Panjang Expo, Kabupaten Agam menjadikan sulaman dan olahan makanan yang berbahan baku rinuak, sebagai produk unggulan. Di stand kabupaten itu, dipamerkan beberapa selendang sulaman khas Agam, seperti sulaman kapalo samek dan sulaman suji caia. 

Untuk sulaman kapalo samek ini, dikombinasikan dengan renda bangku. Bukan hanya selendang, di sini juga terdapat berbagai jenis pakaian tradisional yang dihiasi dengan berbagai macam sulaman. 

"Sulaman ini dibuat handmade oleh para perajin dari Agam. Selain sulaman, Agam juga memamerkan kain kerancang sama terawang yang diproduksi dengan mesin hitam, dan dijahit dengan tangan terampil para pengrajin," tutur Eliza, pemilik usaha sulaman yang dikutip dari Kominfo Padang Panjang.

Dijelaskannya, kualitas sulaman, lama pengerjaan dan cara pengolahan, mempengaruhi harga dari kerajinan ini. Juga ada olahan rinuak yang menjadi produk unggulan stand Agam. 

Rinuak merupakan sejenis ikan berukuran sangat kecil, berwarna putih kekuningan, yang menjadi endemik dan hanya bisa hidup di Danau Maninjau. Ikan ini diolah menjadi berbagai macam cemilan. Untuk cemilan olahan rinuak, dijual dengan harga Rp10.000 hingga Rp40.000. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama