Payakumbuh PPKM Level 1, Pemko Gencarkan Vaksinasi


 Riza Falepi


PAYAKUMBUH-Payakumbuh berada di Level 1 PPKM setelah keluarnya Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 58 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (8/11/2021).

Instruksi itu ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota untuk wilayah dengan kriteria level 1, 2, dan 3 dengan beberapa aturan terkait pelaksanaan belajar tatap muka di dunia pendidikan, dunia kerja pemerintahan dan swasta, pelaku usaha, serta kegiatan iven-iven yang menimbulkan keramaian.

Payakumbuh berada di level 1 bersama Kota Solok, Bukittinggi dan Padang Panjang. Sementara itu di level dua ada Dharmasraya, Pasaman, Kabupaten Solok, Kepulauan Mentawai, Padang, Sawahlunto dan Pariaman. Sementara di level 3 ada Pesisir Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Padang Pariaman, Agam, Limapuluh Kota, Solok Selatan dan Pasaman Barat.

Wali Kota Riza Falepi melalui Kepala Dinas Kesehatan Bakhrizal Dt. Tumangguang, Rabu (10/11/2021), menyampaikan dengan berada di level 1 ini, pemko akan terus mempertahankan kondisi dan memperbanyak capaian vaksinasi.

Saat ini, vaksinasi dalam momentum Gebyar Sumbar Sadar Vaksin sedang berlangsung dengan target 4.000 warga di 11 titik vaksinasi seperti kantor camat, kantor lurah, dan sekolah-sekolah.

"Kita tetap berupaya mencegah penularan. Saat ini kasus positif Covid-19 hanya 1, itupun CT-nya sudah tinggi, dan pasien tidak dirawat di rumah sakit. Yang paling penting tidak ada penularan lagi, dan vaksinasi terus berlanjut karena saat ini capaian kita sudah di atas 60 persen," kata Bakrizal.

Dia menjelaskan, masyarakat tetap diimbau untuk terus paruh dengan protokol kesehatan untuk antisipasi ketat karena daerah tetangga berada di level 3. 

"Kabar baik dari PPKM kita level 1 ini, membuat kita terus optimis menjangkau capaian vaksinasi 70 hingga 75 persen pada akhir November. Terkait dengan iven-iven keramaian disesuaikan prosedurnya dengan PPKM level 1, ada aturan terkait prokesnya," kata kepala dinas yang akrab disapa Dokter Bek itu. (CAN)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama