Rekam Data Warga, Disdukcapil Gunungsitoli Buka Pelayanan di Desa Tuhegeo II


 Petugas rekam data warga untuk KIA


GUNUNGSITOLI-Warga di Desa Tuhegeo II, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi mengapresiasi Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang datang guna memberikan pelayanan perekaman kartu identitas anak (KIA) dan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Perekaman data berlangsung di halaman rumah Ketua BPD Desa Tuhegeo II, Rabu (24/11/2021).

Pelayanan itu sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia.

Kasi Identitas Disdukcapil, Jonathan Laoli mengatakan, perekaman KTP elektronik bagi yang sudah berumur 17 tahun dan perekaman KIA bagi kelahiran 2009 sampai 2016.

"Kegiatan ini bukan hanya di Desa Tuhegeo II dilaksanakan. Jumlah blanko yang tersedia tak seimbang, sehingga direkam saja dulu, kartu dicetak belakangan," katanya.

Dijelaskannya, perekaman KIA ini sebenarnya dilakukan di setiap sekolah, cuma karena sekarang masih situasi pandemi Covid-19, maka dialihkan ke desa-desa, termasuk Desa Tuhegeo II.

"Disdukcapil telah menargetkan 107 anak bagi KIA, namun yang sudah melakukan perekaman 89 orang, sedangkan perekaman KTP-elektronik tujuh orang.

Salah satu peserta perekaman e-KTP, Sehati Laoli mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih banyak atas pelayanan yang dilakukan Disdukcapil karena merasa terbantu.

"Dengan pelayanan seperti ini, kami sangat terbantu. Sebab, kami tidak mengeluarkan biaya transportasi untuk perekaman KTP di kantor dinas," katanya. (yamoni)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama