Tahun Depan, Pemerintah Desa Tuhegeo II Gencar Bangun Infrastruktur


 Musyawarah desa berlangsung interaktif


GUNUNGSITOLI-Pemerintah Desa Tuhegeo II, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli adakan musyawarah desa terkait pembahasan rencana kerja pemerintahan desa (RKPDes) anggaran 2022 di kantor desa setempat, Kamis (11/11/2021). Pemerintah desa akan gencarkan pembangunan infrastruktur tahun depan.

Kepala Desa Tuhegeo II, Yaredi Laoli menjelaskan, musyawarah desa membahas RKPDes anggaran 2022 merupakan salah satu rencana kerja tindak lanjut terhadap program kerja pemerintah desa.

Menurut dia, musyawarah desa merujuk pada Peraturan Menteri Desa, Pembanguan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2022, tertanggal 16 Agustus 2021.

Dikatakannya, musyawarah desa berlangsungnya interaktif dan diwarnai banyaknya usulan dan masukan dari masyarakat, terutama yang berkaitan dengan kegiatan bidang pembangunan dan bidang pemberdayaan.

Rencana pembangunan infrastruktur yang akan dikebut tahun depan, antara lain perkerasan jalan dari Dusun I menuju Dusun II, pengadaan ekskavator, pengadaan air bersih dan pembukaan badan jalan. "Pembangunan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selain infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia dan pemberdayaan tak diabaikan. Program pemberdayaan yang sudah disusun, antara lain pelatihan menjahit, tatar ias, pelatihan adat (sanggar), pengadaan bibit babi dan pertanian.

"Semua usulan masyarakat ini telah ditampung dan selanjutnya akan diverifikasi tim penyusun RKPDes yang terpilih," ungkapnya. 

Kepala desa berharap agar warga Desa Tuhegeo II secara bersama-sama ikut serta mendukung program pembangunan di desa baik fisik maupun nonfisik, sehingga kedepannya apa yang menjadi harapan dan cita-cita bersama dapat terlaksana dengan baik.

"Marilah kita bergandengan tangan bersama untuk membangun desa dengan lebih maju lagi. Hilangkan perbedaan yang ada, sudah saatnya kita bersatu untuk menuju Desa Tuhegeo II yang mandiri, " harap Yaredi. (YAMONI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama