Terbaik di Sumbar, Ini Kelebihan KAN Salimpaung


 Pertemuan di KAN Salimpaung. (prokopim)


BATUSANGKAR-Selepas dinilai dalam lima besar dalam ajang Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Sumatera Barat beberapa waktu lalu, akhirnya KAN  Salimpaung dinobatkan menjadi terbaik pertama pada ajang itu. 


Hasil itu merujuk Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 414-873-2021 tertanggal 15 November 2021 tentang Penetapan Pemenang Kerapatan Adat Nagari Terbaik Tingkat Sumatera Barat dan Surat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Nomor 411.2/955/DPMD-2021 tertanggal 22 November 2021. 

KAN Salimpaung mampu menyisihkan KAN Durian Tinggi Kabupaten Pasaman, KAN Bungus Padang, KAN Tandikek Padang Pariaman dan KAN Pasie Talang Kabupaten Solok Selatan. 

Atas prestasi ini, KAN Salimpaung berkah menerima uang pembinaan Rp7 juta dan trophy dari Gubernur Sumatera Barat. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang diukir KAN Salimpaung. 

"Secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah, saya sampaikan selamat atas prestasi KAN Salimpaung yang telah mampu harumkan nama Luhak Nan Tuo di tingkat Sumatera Barat," katanya, Sabtu (27/11/2021).

 Keberhasilan KAN Salimpaung ini, tambah Eka, semoga menjadi motivasi KAN lainnya di Tanah Datar.  "Berbagai program inovasi dan kreatif telah dilaksanakan KAN Salimpaung, sehingga mampu menjadi terbaik tingkat Sumbar, karena itu tentu hal itu juga menjadi contoh bagi KAN lain di Tanah Datar," tukasnya yang dikutip dari Prokopim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Nofenril mengatakan, KAN Salimpaung memang layak menjadi terbaik tingkat Sumbar. 

"KAN Salimpaung sangat solid dan saling mendukung bersama unsur pemerintahan nagari lainnya dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan di Salimpaung," katanya. 

Diungkapkan Nofenril, setidaknya ada tiga program inovasi yang menjadikan KAN Salimpaung menjadi KAN terbaik tingkat Sumbar.  

"Di samping kesolidannya, KAN Salimpaung juga mempunyai administrasi yang bersih dan lengkap. Kemudian memiliki ranji Kaum se Nagari Salimpaung serta menjadikan beberapa gedung rumah gadang menjadi rumah isolasi Covid-19 saat pandemi merebak, menjadi nilai lebih sehingga mampu menjadi terbaik Sumbar tahun ini," kata Nofenril. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama