Besok, Pilwana Serentak di Tanah Datar


 Wakil bupati periksa barisan pasukan pengamanan pilwana


BATUSANGKAR-Pemilihan wali nagari secara serentak, Jumat (16/12/2021) dilaksanakan di Tanah Datar.

Guna pengamanan tahapan pemilihan wali nagari (pilwana), pemerintah kabupaten melaksanakan apel gelar pasukan kesiapan di halaman depan Istano Basa Pagaruyung. 

Apel dipimpin Wakil Bupati Richi Aprian itu juga dihadiri Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kasat Pol PP Tanah Datar Yusnen dan Kadis PMDPPKB serta para perwira polres dan Perwira Kodim 0307. 

Richi Aprian  menyampaikan, apel ini digelar dalam rangka pengamanan seluruh proses pilwana, baik saat pemungutan suara, penghitungan suara, maupun saat pengiriman kotak suara dan kartu suara dari panitia pemungutan suara (PPS) ke panitia pemilihan di nagari.

"Pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak diikuti 21 nagari di 11 kecamatan, dengan jumlah calon 93 orang dan jumlah TPS 232 buah, dengan jumlah pemilih 76.293 orang ” jelas wakil bupati yang dikutip dari Prokopim.

Richi mengemukakan, tujuan pelaksanaan apel kesiapan adalah untuk melihat kesiapan personil yang mana rangkaian kegiatan pengamanan telah dilaksanakan sejak 6 Desember 2021 lalu.

Wabup juga berharap kepada seluruh personel yang terlibat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan melaporkan kendala yang dihadapi dan berkoordinasi dengan panitia pemilihan, serta laksanakan patroli rutin ke lokasi-lokasi rawan seperti tempat penyimpanan logistik pilwanag serta lokasi TPS.

Eichi menambahkan, dalam pelaksanaan tahapan pilwana kali ini berbeda dengan biasanya, karena masih di tengah pendemi Covid-19,  sehingga selain melakukan pengamanan harus juga melakukan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

Pilwana ini akan diamankan 166 personel Polres Tanah Datar dan 154 personil dari Kodim 0307, ditambah dengan anggota Satpol PP Tanah Datar. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama