Komppas Sergai Lakukan Tanam 1.700 Pohon di Bantaran Sungai


 Penanaman pohon di bantaran sungai


SERDANG BEDAGAI-Dalam rangaian Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Serdang Bedagai, Komunitas Masyarakat Peduli dan Pecinta Sungai (Komppas) bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Dinas Kehutanan Sumatera Utara,  Satuan Putri Karya (SPK)  Pemuda Karya Nasional (PKN) dan Pemerintahan Kabupaten Sergai tanam pohon di bantaran sungai, tepatnya di Pantai Dua Rasa, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (23/12/2021).


Ketua Komppas Sergai,  Syaifuddin mengatakan, lembaga itu ada di enam Kecamatan. Sungai di Serdang Bedagai ini bukan hanya yang besar tapi ada sungai kecil yang bisa dimanfaatkan untuk potensi ekonomi. Sungai selama ini  tak dilirik dan dikelola dengan baik.

"Komppas menginisiasi penanaman di perbatasan antara kabupaten induk dengan Kabupaten Serdang Bedagai. Si sini ujungnya Sungai Ular yang dikeƱal sebagai antai dua rasa," katanya.

Beberapa tahun lalu, sungai ini lebih indah hanya karena pasang barat dua bulan yang lalu saat di Sei Rampah dan Tanjung Beringin di sini pasang rob sepanjang pesisir pantai mengalami ombak besar pasang barat dan berdampak abrasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hedi, beserta Kadis Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaaan Zulfikar, mewakili bupati, menyebutkan, Dinas Lingkungan Hidup mendukung gerakan penghijauan. 

Penanaman pohon, berupa mahoni 1.000 batang, bibit durian dan mangga 500 batang dari Dinas Kehutanan Sumatera Utara dan 200 bibit cemara dari pengelola pantai Sri Mersing. (affan



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama