Skuad Garuda Tidak Takut Lawan Vietnam


 

Pemain tim nasional Indonesia. (pssi)


JAKARTA-Tim nasional Indonesia menghadapi ujian sesungguhnya saat bertemu Vietnam dalam laga ketiga turnamen AFF Suzuki Cup 2020, Rabu (15/12/2021) di Stadion Bishan, Singapura.

Tidak mudah melawan Vietnam, namun dua kemenangan sebelumnya yang diraih oleh skuad Garuda menjadi modal utama, motivasi, semangat agar bisa meraih kemenangan.

Seperti diketahui, Indonesia menang di laga perdana melawan Kamboja 4-2 di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam. Kemudian, Evan Dimas dan kawan-kawan kembali meraih kemenangan di laga kedua melawan Laos dengan skor 5-1.

Kembali ke Vietnam, sederet rekor pertemuan Indonesia melawan tim negeri Paman Ho menjadi sangat penting buat Evan Dimas dan kolega karena bisa memengaruhi peluang lolos ke fase selanjutnya.

Keduanya sama-sama punya modal bagus jelang pertemuan nanti. Indonesia meraih dua kemenangan besar saat menghadapi Kamboja dan Laos. Sementara skuad arahan Park Hang-seo mampu meraih kemenangan saat menghadapi Laos dan tim kuat lainnya, Malaysia.

Indonesia saat ini memimpin klasemen Grup B dengan koleksi 6 poin, sedangkan Vietnam yang sama-sama mengumpulkan 6 poin, berada di posisi kedua. Indonesia unggul selisih gol dari Vietnam dan Malaysia. 

“Kami fokus untuk menatap laga melawan Vietnam,” kata Shin Tae-yong yang dikutip dari laman PSSI.

Dua tim ini sudah bertemu sebanyak 24 kali. Dari puluhan laga itu, Indonesia masih punya rapor lebih baik. Indonesia mampu meraih 9 kali kemenangan, 9 kali imbang, dan 6 kali menelan kekalahan.

Rekor positif ini mungkin bisa menjadi modal utama bagi Indonesia, namun tidak mutlak bahwa Indonesia akan meraih kemenangan. Pasalnya, dari 5 pertemuan terakhir Indonesia hanya meraih sekali kemenangan, tiga kali kalah, dan sekali imbang. Kemenangan itu didapatkan Indonesia pada 3 Desember 2016 saat mampu menumbangkan Vietnam 2-1 di leg pertama semifinal Piala AFF 2016.

Bek timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto menegaskan bahwa saat ini tim dalam kondisi siap untuk menghadapi laga melawan Vietnam. Dia juga mengatakan bahwa pelatih sudah memberikan evaluasi kepada tim seusai laga melawan Laos.

“Melawan Vietnam kami harus lebih kerja keras, mereka tim kuat namun pasti ada kekurangannya,” katanya.

Sementara hasil imbang diraih pada leg kedua semifinal Piala AFF 2016. Kemudian untuk kekalahan teranyar didapatkan Indonesia dari Vietnam pada 7 Juni 2021 saat Vietnam mencukur Indonesia 4-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama