Sulaman Kapalo Samek Nagari Situmbuak Makin Dikenal


 Ketua PKK Batanghari, Jambi mencoba sulaman kapalo samek


BATUSANGKAR-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Batang Hari, Jambi studi komparatif ke Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Pelangi Nagari Situmbuak, Kecamatan Salimpaung, Selasa (14/12/2021). Sulaman kapalo samek di nagari itu makin terkenal.

Pada saat kunjungan kerja sekaligus studi banding tersebut, hasil kerajinan sulaman kapalo samek UP2K Nagari Situmbuak laku terjual bahkan produk makanan kering pun diborong. 

Ketua Pokja Posyandu Nagari Situmbuak Yelsi Besra bersyukur atas kunjungan TP-PKK Batang Hari yang ternyata membawa berkah bagi masyarakat Nagari Situmbuak, pasalnya hasil kerajinan tangan para ibu-ibu di nagari tersebut digandrungi dan banyak laku terjual seperti sulaman kapalo samek hasil karya tangan terampil ibu-ibu tangguh tersebut. 

“Sulaman kapalo samek asli Situmbuak ini banyak laku terjual mulai dari bahan dasar baju, jilbab dan juga mukenah, tidak hannya itu makanan kering yang juga diproduksi Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok UP2K Pelangi ini habis terjual diborong Ibu-Ibu cantik dari TP-PKK Batang Hari ini,” ucapnya. 

Dikatakan Yelsi, Nagari Situmbuak yang terdiri dari empat jorong atau dusun itu mata pencaharian utama masyarakatnya adalah bertani, namun para kaum perempuannya juga sangat aktif dalam kegiatan pkk dan tergabung dalam kelompok UP2K dengan berbagai usaha dan kerajinan seperti sulaman kapalo samek yang sudah turun-temurun. 

“Kami kelompok UP2K punya visi terwujudnya keluarga yang sejahtera lahir dan batin melalui kegiatan UP2K, dari itu kami aktif dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” tuturnya. 

Dikatakan Yelsi dalam eksposnya di hadapan Wakil Ketua TP PKK Batang Hari dan rombongan itu, UP2K Pelangi Nagari Situmbuak ini pernah menjadi juara pertama nasional 2019 dan sudah banyak dikunjungi kabupaten dan kota lain di Indonesia bahkan baru-baru ini dikunjungi TP-PKK Pusat. 

Wakil Ketua TP-PKK Batang Hari, Nuraini Zubir Bahtiar yang juga selaku ketua rombongan ungkapkan kekagumannya dengan keindahan alam Sumatera Barat khususya di Tanah Datar. “Di sini alamnya indah, hamparan sawah yang luas dihiasi pepohonan kelapa, sugguh sejuk mata memandang,” ucapnya yang dikutip dari Prokopim. 

Dikatakan Nuraini, rangkaian kunjungan kerja ke Sumatera Barat termasuk ke Nagari Situmbuak ini tidak lain untuk belajar dan melihat lebih dekat kelompok UP2K Pelangi Nagari Situmbuak yang pernah menjadi juara satu di tingkat nasional itu dan juga sekaligus menjalin silaturahim.

 “Sumatera Barat memang terkenal dengan kerajinannya, makanan olahan yang enak, cemilan yang enak, berbagai bahan makanan bisa diolah menjadi beraneka jenis makanan,” sebutnya. 

Ketua TP-PKK Lise Eka Putra sambut baik kedatangan rombongan di Gedung Indo Jolito Batusangkar menyampaikan salamat datang di Tanah Datar Luhak Nan Tuo. 

Di Gedung Indo Jolito Batusangkar, rombongan dijamu makan siang bersama sembari beramah tamah. Lise berharap semoga pandemi cepat berakhir sehingga banyak lagi tamu-tamu yang berkunjung ke Tanah Datar dan pariwisata kembali bangkit dan ekonomi masyarakat meningkat. 

Usai beramah tamah rombongan mengunjungi gedung promosi daerah untuk melihat aneka kerajinan Tanah Datar, tenun, songket, batik tanah liek, sulaman dan berbagai kuliner khas oleh-oleh Tanah Datar. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama