Diberi Tempat Baru, Ini Kata Tukang Sol Sepatu


 Para tukang sol sepatu tempati lokasi yang baru. (kominfo)


PADANG PANJANG-Terhitung sejak Sabtu (15/1/2022), semua tukang sol sepatu yang berada di samping jalan Gedung M. Syafei dipindahkan ke tempat baru, samping Pasar Pusat Padang Panjang. Tepatnya bagian sebelah barat pasar dekat parkiran.
 

Hal tersebut disampaikan, Kepala Bidang Pegelolaan Pasar, Romi Ar Rahman kepada Kominfo, Senin (17/1/2022). Pemindahan dilakukan pihaknya bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar). Sebelumnya sudah disosialisasi ke seluruh pelaku usaha sol sepatu. 

"Sosialisasi telah kita lakukan sejak 2021. Selain kita sebagai pemerintah berkewajiban untuk menata kota, juga harus mencarikan solusi bagi pelaku usaha yang mengganggu fasilitas umum. Dengan adanya diskusi dan sosialisasi bersama pelaku usaha sol sepatu,  hasilnya mereka bersedia menempati area parkiran barat sebagai tempat usaha baru. Kita juga menyiapkan fasilitas demi kenyamanan pelaku usaha. Barulah di Desember 2021 lalu kami bisa memenuhi fasilitas untuk mereka dan eksekusi pemindahan di Januari ini," jelas Romi. 

Untuk saat ini, tambah Romi, jumlah lapak tersedia 12 unit untuk pelaku usaha sol sepatu.  Romi berharap dengan pemindahan ini membawa perubahan dalam penataan kebersihan dan kenyamanan masyarakat dan menambah minat pengunjung ke Pasar Pusat. 

Mardianis salah seorang tukang sol sepatu, merasa bersyukur telah diberikan tempat yang layak oleh Pemko Padang Panjang. "Biasanya kami di pinggir jalan tanpa tempat. Saat ini sudah diberikan tempat," katanya. 

Begitu juga dengan Amrita Idrus. Ia berharap masyarakat segera tahu tempat baru ini dan omzetnya kembali naik seperti dulu lagi. 

"Kalau bisa ada bantuan dari pemko untuk kami, karena saat ini kami benar-benar butuh dana untuk kehidupan sehari-hari," kata mereka. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama