Kado Indah Dalam HUT 18 Sergai, Darma Wijaya Masuk Daftar Bupati Terpopuler


 Darma Wijaya


SERDANG BEDAGAI-Bersama sembilan kepala daerah se-Indonesia, Bupati Serdang Bedagai (Sergai),  Darma Wijaya masuk dalam deretan bupati  terpopuler ke-8 dan paling berpengaruh sepanjang 2021 versi Indonesia Indicator. 

Penilaian tersebut merujuk pada jumlah berita di plafon media online selama 2021 yang di dalamnya mencakup kiprah kepala daerah dalam menangani berbagai persoalan maupun melakukan inovasi pembangunan.

"Mengawali 2022, ini merupakan sesuatu yang bagus dan cemerlang sekaligus memberikan harapan yang baik guna mewujudkan Sapta Dambaan Kabupaten Sergai," kata Kepala Dinas Kominfo Akmal AP melalui saluran Media Center, Minggu (2/1/2022). 

Kesepuluh bupati terpopuler tersebut, urutan pertama Ade Yasin Bupati Bogor dengan jumlah berita 13.901, urutan kedua Bupati Jember Hendy Siswanto dengan 7.329 berita. Bupati Siak, Alfedri menempati posisi ketiga dengan 6.835 berita. Kemudian peringkat keempat Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yadi dengan 6.225 berita. 

Selanjutnya, peringkat kelima ditempati Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan 6.001 berita, peringkat keenam Bupati Tanah Datar Eka Putra 5.844 berita, ketujuh, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar 5.627 berita, kedelapan, Bupati Sergai Darma Wijaya dengan 5.627 berita, kesembilan Bupati Luwu, Indah Putri Indriani 5.543 berita dan terakhir,  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dengan jumlah pemberitaan 5.154.

Bupati Sergai Darma Wijaya di 2021 telah banyak yang dilakukannya diantaranya; kepedulian terhadap penanganan pandemi Covid-19 terutama dalam perjuangannya untuk mencapai target vaksinasi.

Hal yang tak kalah penting adalah penanganan terhadap bencana alam banjir, pada saat itu, banjir yang melanda Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan yang terparah di dua dekade. 

Seperti tak kenal lelah, Bang Wiwik sapaan akrab nya, selalu peduli dan rutin menyambangi korban bencana banjir yang ada di posko-posko pengungsian. Selain itu juga mencari solusi dengan melaku kan koordinasi secara intens kepada pihak BWS dan Pemprov Sumatera Utara.

Visi misi dalam membangun Tanah Bertuah juga memegang andil yang cukup penting. Seperti halnya Infrastruktur terintegrasi yang tertuang dalam Sapta Dambaan di RPJMD 2021-2026 , saat ini menjadi prioritasnya  perlahan namun pasti, jalan yang ada di beberapa wilayah Sergai secara bertahap telah diaspal dan kian mulus saja. "Meyakini jika jalan mulus ekonomi bagus tentu akan berdampak pada  kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


Tak lepas dari dukungan media 

Kiprah kepala daerah yang menyandang sebagai yang Terpegah tentu tak lepas dari peran media. Baik media cetak, online, elektronik juga media sosial. Untuk mewujudkan hal itu, tentu diperlukan strategi kemitraan yang baik dengan media. 

Dinas Kominfo Sergai sudah melakukannya. Di 2021 sebanyak 118 media telah menjalin kemitraan dengan  Pemkab Sergai. Hal ini menjadi bukti, jika kekuatan media mampu menginfluencer masyarakat maupun unsur lainnya. Kemajuan pembangunan maupun program dan kegiatan lainnya terbungkus apik dan tersebar di berbagai kanal media.

"Itu semua tak terlepas dari rilis pemberitaan yang dikelola Dinas Kominfo dan disebarkan ke semua media yang bermitra dengan Pemkab Sergai.Jika kita tidak melakukan kemitraan dengan media, bisa diprediksi tak akan ada atau akan minim berita-berita positif pembangunan di Sergai," katanya.

Begitupun di tahun ini, sebanyak 104 media yang telah terjaring sesuai dengan ketentuan lewat aplikasi ROMS serta akan menjalin kemitraan dengan Pemkab Sergai. 

Tentunya dasar dari kemitraan dengan media, regulasinya telah digodok dengan matang oleh pihak Kominfo Sergai. "Bukan apa-apa, kita mau semuanya sesuai dengan peraturan dan koridor yang telah ditetapkan sehingga penggunaan APBD sesuai manfaatnya dan dapat dipertanggung jawabkan," katanya. (affan)






Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama