Peresmian Pendopo dan Kantor Baru Warnai HUT Sergai ke-18


 Bupati resmikan gedung baru di komplek kantor bupati


SERDANG BEDAGAI-Resepsi hari jadi ke-18 Kabupaten Serdang Bedagai( Sergai) diwarnai dengan peresmian pendopo Kerajaan Negeri Bedagai dan kantor pemerintahan atau gedung baru di komplek kantor bupati, Sei Rampah, Jumat (7/1/2022) 

Darma Wijaya mengungkapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan mengucapkan selamat hari jadi yang ke-18 dan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan.

Kondisi pandemi Covid-19 masih mewarnai peringatan hari jadi, bupati mengingatkan kembali risiko penyebaran Covid-19 masih ada dan tugas seluruh pihak dalam penanganan nya belum berakhir.

Peringatan hari jadi secara filosofis bermakna muhasabah, artinya dengan sebuah peringatan hari jadi semua pihak diharapkan dapat melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah. Masa lalu adalah fondasi yang sangat penting untuk dijadikan referensi menapak masa kini dan masa depan, sekaligus sebagai sarana mawas diri dan introspeksi diri.

"Kiranya peringatan ini bukan sekadar menghitung usia, akan tetapi sebagai momentum perubahan ke arah Maju Terus. Seiring perjalanan usia, diharapkan seluruh jajaran pemerintah untuk dapat memotivasi dan mendorong aktif warga masyarakat dalam program kegiatan pembangunan. Semoga antara aparat pemerintah bisa saling bersinergi dalam memacu semangat untuk berkarya memberikan penguatan peran masyarakat dalam pembangunan," katanya.

Sambil menghayati dan mengenang perjalan 18 tahun perjalanan Kabupaten Sergai, bupati menyebut telah banyak yang dilaksanakan di Tanah Bertuah Negeri Beradat, baik pembangunan fisik maupun pembangunan SDM.

Hal ini ditandai dengan meningkatnya beberapa capaian indikator makro sosial ekonomi sebagai hasil dari pembangunan tersebut, seperti indeks pembangunan manusia (IPM) 2021 yang ada di angka 70,56 (kategori tinggi). Data persentase penduduk miskin di Kabupaten Sergai juga mengalami penurunan 8,30 persen atau menempati peringkat ke-4 persentase penduduk miskin terkecil di Sumatera Utara.

Tingkat pengangguran terbuka 3,93 atau menurun 1,61 poin dari 2020. Bupati menyebut mulai dari 2015 sampai 2019 sudah mencapai di atas 5 persen. 

"Akan tetapi dengan adanya pandemi Covid-19, tentu berdampak cukup besar terhadap kondisi perekonomian dunia, tidak terkecuali di Sergai, yang menyebabkan penurunan yang cukup drastis menjadi -1,04," katanya. (affan)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama