Bila Hujan, Guru dan Murid SDN 12 Paninjauan Was-was

 Tebing yang mengancam bangunan sekolah. (prokopim)


TANAH DATAR-Hujan beberapa hari terakhir mengakibatkan tebing di samping SD Negeri 12 Paninjauan, Kecamatan X Koto, Tanah Datar terban atau longsor. Guru dan murid di sekolah itu selalu was-was apabila hujan deras.


Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian bersama Camat X Koto Adiawarman, Wali Nagari Paninjauan IC Dt. Batuah Nan Kuniang, Wali Jorong dan Kepala SDN 12 Paninjauan Zuraida tinjau kondisi tebing yang terban itu, Senin (7/2/2022). 

Zuraida mengatakan, ia bersama majelis guru ketika terjadi hujan sangat was-was akan kembali terjadi longsor, bahkan lantai di sekolahnya ada beberapa buah yang harus dibongkar karena rembesan air dari tanah. 

“Jujur Pak, ketika hujan kami takut dan was-was akan terjadi longsor susulan sehingga menghantam bangunan SD, mohon solusi dan tindaklanjutnya, Pak Wabup,” katanya. 

Richi selepas meninjau kondisi longsor dan SD N 12 Paninjauan berharap wali nagari bersama camat segera membuat laporan ke pemerintah kabupaten. “Kepada Pak Wali Nagari bersama camat, segera buat laporan tertulis kejadian ini, sehingga bisa dicari solusi dan tindaklanjut mengatasinya,” katanya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

 Wabup mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Datar untuk waspada terhadap potensi yang kemungkinan terjadi bencana alam.  “Beberapa hari terakhir cuaca ekstrim diwarnai curah hujan cukup tinggi, karena itu Saya himbau kepada masyarakat, pemerintah nagari, Camat dan perangkat terkait lainnya untuk waspada dan siaga terhadap kemungkinan terjadi musibah sehingga ketika terjadi, bisa diambil langkah secepatnya,” kata Richi. 

Camat X Koto Adiawarman bersama Wali Nagari Paninjauan IC Dt. Batuah Nan Kuniang menyebutkan kejadian sudah disampaikan kepada pemerintah kabupaten.

"Kejadian sudah kami laporkan, bahkan selepas kejadian lokasi ini juga sudah dikunjungi tim dari kaabupaten, semoga ada langkah tindaklanjutnya," sampai Adiawarman. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama