Damkar Payakumbuh Berbagi Ilmu Penyelamatan ke PLN

 Petugas damkar simulasikan pemadaman kebakaran


PAYAKUMBUH-Pemadam Kebakaran (Damkar) Payakumbuh sering melakukan sosialisasi dan simulasi baik kepada yang mendatangi posko damkar maupun damkar yang mendatangi langsung ke instansi atau sekolah yang meminta diberi penjelasan  tentang bahaya kebakaran dan cara pencegahannya.


"Kami sering memberikan materi dan mensimulasikannya mulai dari PAUD/TK sampai ke kampus, ada pula kepada instansi pemerintah maupun instasi swasta," kata Kepala Bidang Damkar Payakumbuh, Budi Kurniawan, Kamis (3/2/2022).

Damkar berbagi ilmu terkait penyelamatan tersebut dilaksanakan di kantor PLN UP3 Payakumbuh. Sebelumnya, pihak PLN menyurati Damkar pada 31 Januari 2021 terkait akan mengadakan simulasi tanggap darurat berupa kegiatan pelatihan sistem keselamatan kebakaran gedung dalam rangka Bulan K3 Nasional 2022 dan penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) pada PT PLN (Persero) UP3 Payakumbuh.

Budi menyampaikan, setiap orang wajib mengetahui dasar dari penyelamatan karena akan bermanfaat sewaktu-waktu bila musibah terjadi, perlu mengetahui bahaya dan cara pencegahan kebakaran di lingkungannya.

"Kami siap bersinergi dalam membekali masyarakat dengan ilmu pencegahan, penyelamatan kebakaran," kata Budi Kurniawan didampingi Kasi Ops Eci, Kasi Sapras Doni Bahtiar, dan Danton Indra Jaya.

Manager PT PLN Wilayah UP3 Payakumbuh Eddi Saputra menyampaikan apresiasi kepada damkar yang telah berbagi ilmu tentang sisitim keselamatan kebakaran gedung di tempat mereka bekerja melayani kebutuhan listrik bagi masyarakat.

"Gedung PT PLN UP3 yang tahun lalu diresmikan Wali Kota Riza Falepi memiliki alat proteksi kebakaran, tetapi masih ada yang perlu dilengkapi seperti manajemen kebakaran gedung dan APD (alat pelindung diri) sesuai masukan dari Damkar," pungkasnya. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama