Puskesmas Parit Rantang Sosialisasikan Germas

 Masyarakat ikut sosialisasi Germas


PAYAKUMBUH-Demi mewujudkan kesehatan masyarakat, Puskesmas Parit Rantang sosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan Germas di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Selasa (22/2/2022). 


Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Padang Data Tanah Mati, Taufikur Rahman, Kepala Puskesmas Parit Rantang Ns.Chinthya Fitri Al-Yani, Pengelola Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Parit Rantang Roza Selfia, babinsa, babinkamtibmas, ketua PKK kelurahan, kepala sekolah dan lainnya.

Taufikur Rahman mengatakan, Germas merupakan tindakan yang sistematis terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Germas terdiri dari banyak kegiatan dan salah satunya secara nasional dengan berfokus pada melakukan aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari, mengonsumsi buah-buahan dan sayur serta memeriksakan kesehatan secara rutin minimal enam bulan sekali untuk mendeteksi dini penyakit," ujarnya

Taufikur mengatakan, semua kegiatan Germas dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, serta dapat juga dilakukan saat ini dan tidak membutuhkan biaya yang cukup besar.

Kepala Puskesmas Parit Rantang Ns. Chinthya Fitri Al-Yani mengatakan, Germas merupakan salah satu program unggulan di bidang kesehatan yang digagas Presiden Joko Widodo untuk menurunkan kesakitan dan kematian karena penyakit tidak menular, menurunkan pembiayaan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Pelaksanaannya di lapangan membutuhkan komitmen dan dukungan dari pemerintah daerah dan organisasi masyarakat dengan cara memberikan sosialisasi GERMAS kepada masyarakat. 

Chinthya kembali mengingatkan agar dapat membangkitkan tanggung jawab dan komitmen, sehat harus berawal dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. "Mari Budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat," katanya. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama