Ratusan Murid SD di Kota Solok Ikuti Vaksinasi

Murid SD disuntik vaksin

KOTA SOLOK-Sebanyak 305 murid SDN 03 Kampung Jawa mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SDN 03 Kampung Jawa, Kelurahan Tanjung Harapan, Rabu (2/2/2022).


Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun telah mulai dilaksanakan di Kota Solok yang dilaunching langsung oleh Wakil Walikota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM di SDN 05 Kelurahan VI Suku.pada Kamis (03/02/2022)

Terlihat para siswa dan orang tua terlihat sangat antusias saat mengantarkan anaknya mengikuti vaksinasi. Meskipun ada siswa yang merasa ketakutan saat disuntik vaksin, namun akhirnya SDN 03 Kampung Jawa sukses melaksanakan vaksinasi terhadap 305 orang anak, yang dimulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Kepala SDN 03 Kampung Jawa Aspit menyampaikan, sebelum melakukan vaksinasi di sekolah, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Solok, Polres Solok Kota, Linmas Kelurahan Kampung Jawa, serta Puskesmas setempat sebagai pelaksana teknis vaksinasi.

"Kita sudah koordinasi dengan Puskesmas untuk teknis pelaksanaannya jadi perencanaannya sudah sesusai dengan standar di Puskesmas, untuk pelaksanaan vaksinasi, pihak sekolah mengikuti arahan dan teknis dari pihak Puskesmas," katanya.

Sebelum melakukan vaksinasi pihak sekolah juga sudah melakukan sosialisasi berupa pembuatan poster dan video vaksinasi untuk memberikan pengertian kepada para siswa maupun dengan orang tua. “Beberapa hari kemarin sudah melakukan edukasi, seperti poster dan video untuk pelaksanaan vaksin ini,” ungkapnya.

Setelah menyelesaikan tahap registrasi para siswa menunggu di ruang tunggu didampingi oleh orang tua masing-masing. Menanti panggilan petugas screening sesuai urutan nomor kecil ke besar. Setelah dinyatakan sehat oleh petugas screening maka siswa tersebut disuntik vaksin tahap pertama.

Usai divaksin kemudian pengisian data siswa yang telah vaksin oleh petugas dari sekolah dengan dibantu petugas Puskesmas. Selanjutnya siswa menuju ruang observasi. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui gejala atau efek yang ditimbulkan pasca vaksinasi.

Setelah observasi selama 15-30 menit tidak bergejala, maka para siswa diizinkan untuk pulang dan diberikan kartu vaksin yang telah dicatatkan hasil tahap satu. Agenda vaksinasi tahap pertama bagi siswa dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat di SDN 03 Kampung Jawa berjalan dengan sukses dan lancar.

“Adapun alur proses vaksinasi tahap kedua nantinya masih sama dengan tahap pertama, dimulai dengan pendaftaran, mengecek suhu tubuh dengan thermo gun, mencocokkan data siswa yang telah hadir sesuai waktu yang telah ditentukan, sekaligus menyerahkan syarat kartu vaksin yang telah didapatkan pada tahap pertama dan mengisi form yang diperlukan dan diberikan nomor antrian untuk proses screening dan berikutnya proses vaksinasi,” jelasnya. (SIS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama