Revitalisasi Selesai, Pasar Nagari Sumanik Rancak Bana


 Bangunan pasar nagari yang megah


BATUSANGKAR-Bupati Tanah Datar Eka Putra menekankan, pemerintah daerah akan terus berupaya mengubah citra pasar nagari yang selama ini identik dengan ketidaknyamanan, bau, becek dan kotor menjadi pasar nagari yang bersih, aman, nyaman dan representatif. 


"Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk menjadikan pasar nagari lebih aman dan nyaman, salah satunya melalui bantuan pemerintah pusat seperti untuk pembangunan pasar nagari Sumanik ini," kata Eka Putra saat meresmikan pasar Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung, Selasa (15/2/2022). 

Dikatakan Eka Putra, alokasi anggaran yang diberikan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia terserap baik sesuai ketentuan yang ditetapkan.  "Jujur, saya bangga dan juga berbahagia, karena baru 22 September lalu saya meletakkan batu pertama pembangunan pasar ini, dan sesuai kontrak pembangunannya selesai 21 Desember 2021 dan hari ini kita resmikan pemakaiannya. Terima kasih Kemendag, seluruh elemen Pemerintah Nagari Sumanik serta masyarakat yang mendukung pelaksanaan pembangunan pasar ini," kata Eka Putra yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Dikatakan Eka Putra, keberadaan pasar Nagari Sumanik ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, terutama dalam meningkatkan perekonomian warga, khususnya masyarakat Sumanik. 

"Perubahan fisik pasar nagari ini terus dirawat, dijaga dan jangan sampai menciptakan perselisihan antar sesama yang dipicu pasar ini, seperti permasalahan pembagian kios atau los, namun pasar ini untuk kesejahteraan kita semua," kata  Eka. 

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Darfizal menyampaikan, pembangunan pasar nagari atau rakyat Sumanik didanai melalui Dana Tugas Pembantuan APBN 2021. 

"Pembangunan pasar nagari yang memiliki 19 kios, 13 los dengan kapasitas pedagang sekitar 250 orang dan memiliki  ruang tera ulang, pos keamanan, ruang pengurusan pasar, ruang kesehatan, mushalla, toilet dan beberapa fasilitas lainnya menelan dana Rp3,4 miliar lebih dari Kemendag," sampai Darfizal. 

Dengan revitalisasi ini, tambah Darfizal, untuk ke depan pasar nagari Sumanik menjadi pasar percontohan di Tanah Datar. 

"Melihat konsep dan fisik pasar nagari ini tentu diharapkan ke depan akan menjadi percontohan dan ke depan kita upayakan pasar nagari ini memperoleh sertifikat SNI dari Kemendag RI," katanya.

Wali Nagari Sumanik Irama Yandi menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan revitalisasi pasar Nagari Sumanik sehingga menjadi lebih nyaman dan bersih. 

"Terima kasih atas revitalisasi pasar yang dilaksanakan di sini, berawal dari proposal kami 2020 lalu, dan berkat dukungan dan perjuangan Dinas Koperindag serta Pak Bupati, program ini bisa terealisasi," katanya. 

Warga yang berkunjung ke pasar tersebut, memuji pasar nagari tersebut. "Pasar kini rancak bana, semoga mampu memberikan kesejahteraan bagi pedagang dan masyarakat," ujar Hendri, warga yang berkunjung ke pasar itu. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama