Sat Lantas Polres Nabire Tertibkan Kendaraan ODOL

 Petugas tertibkan kendaraan yang membawa barang melebihi tonase.

NABIRE-Polres Nabire melalui Satuan Lalu Lintas menyampaikan, terhitung mulai 7 Februari 2022 melaksanakan operasi penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas kendaraan angkutan barang roda empat ke atas, yang melebihi kapasitas angkut dan dimensi kendaraan atau biasa disebut over dimension dan over loading (ODOL).


Satuan Lalu Lintas perlu melakukan langkah antisipasi dan pencegahan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas supaya tidak mengganggu para pengguna jalan lainnya.

"ODOL merupakan pelanggaran lalu lintas, dengan mengubah bentuk/dimensi kendaraan dan melebihi daya angkut kendaraan yang dampaknya sangat luar biasa, seperti kecelakaan lalu lintas, perlambatan arus lalu lintas, sampai mempercepat kerusakan jalan, " kata Kasat Lantas Polres Nabire, AKP Darwis, Kamis (10/2/2022).

Dijelaskan Kasat Lantas, pada Rabu (9/2/2022) Satuan Lalu Polres Nabire menindak dua unit kendaraan yang melakukan pemuatan barang tidak sesuai dimensi kendaraan atau over loading, sehingga diberikan sanksi tilang.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengusaha angkutan untuk tidak lagi melakukan perubahan bentuk atau dimensi kendaraan dan  pemuatan barang yang melebihi kapasitas dan daya angkut. Apabila  kami masih temukan, kami tindak dengan memberikan sanksi tilang dan mengamankan kendaraan dimaksud," katanya. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama